Review Novel Malice: Catatan Pembunuhan Sang Novelis

novel malice


Novel ini ditulis oleh novelis Jepang yang terkenal. Malice merupakan novel dari seri detektif Kaga karya Keigo Higashino yang laris dan dipuji. Karakter yang menjadi pemeran utama dalam novel ini adalah Kaga Kyoichiro dan Nonoguchi Osamu. Bercerita tentang seorang novelis laris Hidaka yang ditemukan tewas di rumahnya pada malam sebelum ia meninggalkan Jepang untuk pindah ke Kanada. Tubuhnya ditemukan di ruang kerjanya yang terkunci di rumah istri dan sahabatnya. keduanya mungkin punya alibi kuat. Aroma kehidupan keluarga dari perselingkuhan, pengkhiantan, persahabatan, dan kehidupan sosial sangat tercium kuat pada novel ini.

Pertanyaan yang paling mengusik detektif bukanlah siapa atau bagaimana justru pertanyaan mengapa? Dari situlah sang detektif dan sang pembunuh bertarung membeberkan kebenaran masa lalu dan masa kini versi masing-masing. 

Novel ini sangat mindblowing, kita diajak menyelami pikiran dari dua karakter utama yang sedang mencari bukti untuk membuktikan dirinya tidak bersalah dan yang lain bersalah. Saya serasa di-prank ketika selesai membaca novel ini. Mengikuti alur pikiran dari tokoh sejak awal dan ternyata plot twist di akhir cerita. Menyajikan usaha tidak kenal lelah dari sang detektif untuk membuka kebenaran. Hal-hal kecil yang disajikan novel ini sangat berarti dan kepandaian dari dua tokoh untuk saling mengungkap dan menutupi sangat membuat kagum.

Keigo Highashino membuat novel ini dengan inti cerita yang sederhana namun membuat alur cerita begitu mengagumkan. Khas novel Jepang bahwa kita harus bermain di pikiran tokoh utama dan tidak menyangka akhir cerita. Khas novel jepang pula, walau bertema tentang pembunuhan namun memiliki value hidup yang bisa kita ambil. Seperti pada Malice ini.

  1. Bahwa kita tidak boleh iri dan dengki terhadap pencapaian orang lain, setiap orang memiliki bakat yang berbeda-beda, kita tidak bisa memaksakan keberuntungan kita seperti orang lain.
  2. Jangan pernah mundur jika kita mengungkapkan kebenaran dan berusaha amanahlah terhadap pekerjaan.
  3. Kebenaran adalah kebenaran walaupun banyak yang tidak mengakuinya.

Saya sangat merekomendasikan novel ini dibaca saat bersantai dan untuk me-refresh pikiran sangat dianjurkan. Happy reading!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama