Tips Mengurangi Candu Medsos


Mengurangi Candu Medsos

Media sosial (medsos) memiliki dampak positif dalam menunjang berbagai aspek. Akan tetapi, jika tidak dikelola dengan baik, medsos dapat menyebabkan kecanduan. Efek samping yang mungkin terjadi adalah membuang waktu dan mempengaruhi pekerjaan sehari-hari. Ingatlah bahwa setiap menit yang dihabiskan di media sosial akan menyita waktu dari aktivitas lain yang lebih produktif.
Berikut adalah tips mengurangi candu medsos:
 

Mematikan Notifikasi

Notifikasi merupakan pengingat kalau ada sesuatu yang sedang terjadi di dunia maya dan kamu merasa ketinggalan informasi tersebut. Jadi untuk memadamkan kecenderungan, coba untuk mematikan notifikasimu. 
 

Membatasi Dirimu Sendiri

Pasang waktu di ponsel untuk membatasi waktu yang kamu habiskan untuk bermain media sosial. Tentukan batas waktu berdasarkan tingkat kecanduanmu, misalnya satu jam sehari, berarti tujuh jam dalam satu minggu. Ketika membuka akun, mulailah penghitung waktu tersebut. Ketika sudah mencapai batas waktunya, jadilah kuat dan jangan tergoda untuk memberikan waktu tambahan Ini juga menjadi ujian terbesar untukmu.
 

Mencari hobi baru

Karena sudah membatasi waktu bermain media sosial, kamu mungkin akan punya banyak waktu luang! Jadi, mengapa tidak mencoba cari kegiatan baru? Kamu dapat belajar kemampuan baru atau melakukan sesuatu yang tidak pernah kamu coba. Mungkin kamu juga akan kaget dengan banyaknya waktu luang yang dimiliki ketika tidak bermain media sosial. Selain itu, hobi barumu akan menyita pikiran dan tanganmu ketika sedang kangen dengan akun media sosialmu.


Menghubungi teman dan keluarga

Ketimbang mencari tahu kabar teman dan keluarga dari akun media sosial, coba untuk menghubunginya  secara langsung. Tidak perlu bertemu jika kondisinya tidak memungkinkan karena sedang pandemi COVID-19. Cukup dengan chat, menelepon, atau video call. 


Melihat Media Sosial Sebagai Hadiah

Coba lihat media sosial sebagai bentuk hadiah atau apresiasi atas sesuatu. Jadi, kamu membuka media sosial sebagai bentuk hadiah karena telah menyelesaikan pekerjaan yang sulit, atau sebagai bentuk apreasiasi karena kamu telah berhasil mengerjakan semua rutinitasmu dalam sehari. Dengan cara seperti ini, kamu dapat mengubah cara pandangmu terhadap media sosial.


Menghapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Pesan yang selalu terulang dalam film The Social Dilemma adalah untuk menghapus aplikasi yang jarang kamu gunakan. Sudah tidak pernah buka Twitter? Uninstall aplikasi itu. Dengan begitu, akan mengurangi notifikasi dan keinginan membuka aplikasi tersebut. Jika memang harus mengeceknya, kamu bisa membukanya via gawai lainnya, kok.

Menghilang Sejenak Dari Media Sosial

Tergantung seberapa kecanduannya kamu, boleh jadi ada baiknya untuk istirahat sejenak. Coba pertimbangkan kembali, apa kamu lebih sering menghabiskan waktumu berinteraksi di media sosial daripada di dunia nyata? Apa ponselmu tidak bisa lepas dari genggamanmu? Coba log out dari media sosialmu. Kabari teman mengenai keputusanmu jika merasa perlu, dan berikan kontak pribadi sehingga mereka dapat menghubungimu. Jadi, mulai nikmati hari-hari tanpa media sosial.
 
Itulah  tips yang dapat kamu coba untuk mengatasi atau mencegah kecanduan terhadap media sosial. Apa kamu berpikir jika hidupmu lebih banyak dihabiskan di dunia maya?

Media sosial memang membantumu dalam banyak hal. Namun, jangan sampai dunia maya tersebut justru menyita waktumu di dunia nyata dan memberikan dampak buruk pada dirimu sendiri. Coba atur waktumu kembali dan batasi pemakaian media sosial setiap harinya untuk dapat mencegah ketagihan terhadap media sosial.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama