Pernah Mengalami Susah Tidur? Yuk Intip Solusinya!


Tidur adalah kegiatan merilekskan tubuh. Akan tetapi, tidak sedikit yang kerap mengalami sulit tidur di malam hari. Alih-alih beristirahat, nyatanya tubuh tetap terjaga dan rasa kantuk tak kunjung datang.


Berikut adalah tips agar bisa tidur cepat dan efektif:


1. Membuat Jadwal Tidur yang tepat

Memiliki jadwal tidur yang tepat akan mempermudah ritme sirkadian melakukan fungsinya. Usahakan untuk tidak melakukan apapun selama 30 – 45 menit sebelum tidur agar badan rileks sehingga tidur lebih cepat.


2. Hindari Tidur Siang

Tidur siang dalam waktu singkat memang bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesehatan secara keseluruhan. Namun, jika tidur siang dilakukan terlalu lama, maka kualitas tidur di malam hari akan terganggu.


3. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Memerhatikan makanan yang Anda konsumsi jadi cara cepat tidur lainnya yang bisa dilakukan. Makanan tinggi karbo atau rendah lemak lebih menurunkan kualitas tidur dibandingkan dengan makanan rendah karbo atau tinggi lemak.


4. Mendengarkan Musik

Cara cepat tidur lainnya yang direkomendasikan Healthline adalah mendengarkan musik yang menangkan. Penelitian yang dilakukan pada 50 orang menunjukkan, mereka yang mendengarkan musik menenangkan 45 menit sebelum tidur memiliki waktu istirahat lebih berkualitas.


5. Membaca doa

Eit, jangan lupa tips yang kelima ya agar tidurmu berkualitas.


Yuk kita terapkan, biar bisa tidur cepat. Tetap jaga kesehatan ya!

Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama