Kenali Rasa Malas Dan Cara Mengatasinya


Malas merupakan perilaku manusia yang berada pada kondisi tidak mau mengerjakan sesuatu dan memilih untuk berdiam diri. Bisa jadi setiap dari kita pernah berada pada situasi ini, karena banyak faktor yang menyebabkan seseorang itu malas. Maka mari kita bersama-sama kenali rasa malas dan faktornya beserta solusinya, Check it out!!

1. Kelebihan Waktu

Faktor pertama sebab timbulnya rasa malas adalah kelebihan waktu. Kelebihan waktu ini mengakibatkan kebiasaan buruk seperti menunda pekerjaan dan menyepelekan tugas. Kelebihan waktu merupakan sebuah keuntungan jika kita memiliki tujuan atau target yang spesifik di masa depan, karena kita bisa mengerjakan kegiatan yang penting mendesak terlebih dahulu. Benarlah sebuah ungkapan, "kita akan lebih bahagia jika memiliki waktu luang lebih sedikit."

2. Tidak memiliki tujuan yang spesifik

Ketika kita tidak memiliki tujuan yang jelas atau spesifik, bisa jadi kita akan terjebak dalam kondisi malas. Maka dari itu ketika kita merumuskan tujuan dengan sangat spesifik, tujuan ini lah yang akan memacu kita untuk segera melakukan pekerjaan karena kita masih memiliki banyak tugas yang harus di lakukan.

3. Overthinking

Keraguan memang sering muncul ketika kita ingin melakukan sesuatu yang besar, karena dalam mencapai mimpi diperlukan sebuah pengorbanan. Tentu pengorbanan terbesar untuk mencapai mimpi adalah waktu luang dan waktu istirahat. Dan keraguan itu tercipta karena kita sering overthinking, bingung akan masa depan.

Ketika seseorang ingin bergerak memulai pekerjaan bertumpuknya pikiran negatif ini membuat semangat kerja mengendur. Maka untuk mengatasi masalah ini, usahakan sobat baceday selalu berpikir positif. Dari pada sibuk mengkhwatirkan sesuatu yang belum pasti terjadi yang malah bikin burnout, lebih baik kerjakan hal yang dapat dikerjakan sekarang.

4. Takut Bertanggung Jawab

Takut untuk mengambil tanggung jawab merupakan bentuk dari meremehkan diri sendiri. Lagi- lagi ketakutan untuk mencoba dapat menciptakan situasi malas. Solusi yang dapat sobat baceday lakukan adalah mencoba menantang diri sendiri dalam mengambil tanggung jawab. Dengan demikian ketika kesempatan untuk mengambil tanggung jawab ini hadir, lalu kita ambil akan membuat kita terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah ditugaskan.

5. Kurangnya Motivasi

Ketika kita sedang tidak termotivasi, lelah, letih tidak ada salahnya kita beristirahat sejenak. Istirahat sejenak dari rasa lelah bukan berarti menyerah. Ketika kita jatuh di hempaskan ke bawah dan menghantam rintangan yang berat, di saat ini lah kita bisa memantul lebih tinggi. Semakin besar tekanan semakin tinggi pula kita akan melambung di kesempatan berikutnya. Ya, kurang lebih mundur 1 langkah untuk melompat 3 langkah. Namun, hal ini dittinggali sebuah catatan: "istirahat sejenak" bukan "istirahat selamanya" hehehe.. ketika dirasa cukup istirhat, maka langsung kerjakan lagi tugasnya.

Dan masih banyak lagi cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi malas, cara itu bisa dari luar ataupun dari dalam diri. Setiap orang bisa jadi menemukan titik balik dari mana saja, namun semua itu memiliki satu titik kesamaan yaitu mau atau tidaknya kita bergerak. Setelah membaca tulisan ini silahkan  kerjakan tugas yang masih Anda tunda, meskipun Anda masih memiliki banyak waktu, cukup 1 jam saja dan lihat seberapa besar Anda bisa melakukan perubahan.


Kontribusi Tulisan: Hendri Wijaya

Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama