Kita akan Lebih Bahagia jika Memiliki Waktu Luang Lebih Sedikit

Kita sering berkata atau bahkan membatin bisa melakukan sesuatu jika kita punya waktu luang yang lebih banyak. Namun, ternyata kita akan cenderung lalai melakukan sesuatu tersebut jika kita terlalu banyak waktu, seperti tugas kuliah atau sekolah, kita punya waktu beberapa hari sebelum tugas tersebut dikumpul tapi kita memilih untuk mengerjakan 1 jam sebelumnya.


Contoh yang lainnya, ketika terlalu sibuk dengan segala kegiatan yang padat kita mengharapkan untuk bisa membaca buku kesukaan, ternyata jika waktu luang terlalu banyak terkadang membuat kita lupa membaca buku.


Source : Unplash


Menurut penelitian yang dilakukan oleh Pemerintah Jepang, tingkat kebahagian kita menurun jika kita memiliki lebih dari tujuh jam waktu bebas. Seandainya, kita benar-benar memiiki banyak waktu dan kebebasan, kita juga tidak akan merasa bahagia.

Rasulullah saw bersabda : “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang 

Sejalan dengan hadist dari Rasulullah, bahwa waktu luang seperti dua mata pisau. Jika kita mengisi dengan kebaikan dan perintah Allah SWT maka kita akan menjadi orang yang bersyukur terhadap nikmat Allah SWT. Jika kita lalai dan bermaksiat maka, kita menjadi kufur nikmat. Rasa syukur terhadap nikmat Allah SWT dapat membuat hati bahagia.

Mimin berbagi tips ya bagaiamana memaksimalkan waktu luang

Membuat to do list setiap hari

Jadwal setiap hari yang kita buat membuat hari-hari kita terarah, jika kita sedang tidak memiliki kegiatan formal, membersihkan rumah hingga menata ulang kamar tidur adalah kegiatan yang tepat.

Pelajari hal yang baru

Apabila kita mempunyai waktu luang yang cukup panjang, maka kita bisa mempelajari hal yang baru untuk menambah pengetahuan kita. Mengikuti komunitas menulis mungkin menjadi salah satu pilhan yang tepat karena apabila kita tekun kita bisa menghasilkan tulisan yang bermanfaat.

Melakukan hobi yang kita sukai

Mengasah hobbi yang baik membuat hari-hari kita menyenangkan dan terasa bermanfaat. Apabila kamu hobi masak, kamu bisa membuat berbagai makanan kesukaan atau pun mencoba resep-resep baru dan itu sangat beramanfaat untuk orang rumah.

Para pembaca baceday, semoga kita memiliki keteguhan hati untuk selalu memanfaatkan waktu untuk sesuatu yang bermanfaat dan positif.

Stay Healty and stay safe.

source : hello habits, karya fumio sasaki


1 Komentar

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Posting Komentar

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama