Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Mudah Dilakukan

Cara Melamar Kerja Lewat Email
Cara Melamar Kerja Lewat Email

Pada era pandemi ini sistem perekrutan karyawan perusahaan banyak yang berubah menjadi tidak langsung atau secara online. Baik dari sesi pengiriman berkas lamaran pekerjaan hingga sesi wawancara semua dilakukan secara virtual. Namun, masih banyak yang belum tahu cara melamar kerja lewat email secara baik dan benar.

Mengirim berkas lamaran pekerjaan melalui email itu ada ilmunya. Salah satu tips yang harus teman-teman Baceday ingat adalah Jangan mengirimkan berkas lamaran pekerjaan ke banyak email perusahaan. Plis deh jangan ya sob!

Selain itu, buatlah nama email dengan menggunakan nama kamu yang lengkap secara jelas. Dan tips-tips lainnya kami kupas di bawah ini.

Cara Melamar Kerja Lewat Email

Cara melamar kerja lewat email sebenarnya sangat mudah sekali dilakukan asalkan tahu dasar-dasarnya dan memiliki perangkat elektronik minimal gadget. Mau informasi lebih jelasnya lagi? Yuk, simak ulasan di bawah ini dengan seksama. 

1. Cari Perusahaan yang sedang Membuka Lowongan Pekerjaan

Pilih perusahaan dan posisi mana yang mau kamu lamar. Setelah itu baca seluruh keterangan, jika sudah paham, cari alamat email perusahaan untuk mengirimkan lamaran. Biasanya tertera pada bagian bawah informasi. 

2. Buat Alamat Email sesuai dengan Nama Asli

Pentingnya mengirim lamaran pekerjaan menggunakan nama asli bukan nama "alias" adalah untuk menunjukkan keseriusan kamu kepada recruiter dan menjadi poin penting dalam memberikan nilai. 

Usahakan email yang kamu buat ini dikhususkan untuk pekerjaan dan bukan hal lain. Biar gak kecampur gitu lho, chat email personal sama yang khusus kerjaan.

3. Pastikan Alamat Email yang Dituju Sudah Benar 

Sebelum mengirim lamaran pekerjaan lewat email pastikan dulu jika alamat email yang akan dituju sudah benar dan sesuai dengan informasi yang ada di job posting. Perusahaan biasanya mengarahkan pelamar untuk mengirimkan lamarannya kepada HRD. 

4. Siapkan Dokumen dan Syarat yang Dibutuhkan 

Perusahaan biasanya meminta beberapa dokumen sebagai persyaratan masuk. Biasanya beberapa dokumen yang sering diminta diantaranya KTP, ijazah, SKCK, surat keterangan dokter, SIM, sertifikat keahlian, CV, Surat Lamaran dan lain sebagainya.

Mau tahu cara membuat CV yang baik dan benar? Baca artikel CV yang baik ini.

Setelah semua berkas terkumpul langkah selanjutnya adalah dengan melakukan scan untuk semua dokumen dan memperhatikan ukurannya. Jika sudah, kamu bisa menyimpannya dalam bentuk file PDF. Jika ukuran file yang sudah kamu buat terlalu besar kamu bisa mengkompresnya ke ukuran yang lebih kecil kurang lebih 1 MB maksimal 2 MB. 

Penulisan nama dokumen juga harus diperhatikan, sebab nama yang tidak sesuai kemungkinan besar tidak akan dibuka oleh recruiter contoh : (nama)-curriculum vitae.doc atau (nama)-cover  letter.pdf tidak ada ketentuannya kamu bisa mengirimkan dokumen yang sudah di scan dalam 1 file PDF, hindari mengirimkan dokumen dalam format Zip atau rar kecuali ada permintaan dari pihak perusahaan. 

5. Mengisi Subjek Email

Cara melamar kerja lewat email yang baik dan benar tidak boleh melewatkan untuk mengisi subjek email. Fungsi subjek sendiri adalah untuk memudahkan penerima email mengecek isi email yang masuk. Jika kamu mengirimkan surat lamaran tanpa mengisi subjek email hal ini bisa membuat reqruiter kesulitan mencari berkas lamaran kamu bahkan mungkin saja tidak dibuka. 

Terkadang email tanpa subjek dianggap sebagai spam atau email tidak penting. Jika perusahaan sudah menentukan subjek emailnya kamu tinggal mengikutinya saja, tapi kalau belum kamu bisa mengisi subjek emailnya sendiri dengan format "Lamaran Kerja_Avrilia Wijaya_Admin" (lamaran kerja, nama, posisi yang dilamar). 

6. Mengisi Body Email 

Setelah mengisi subjek langkah selanjutnya adalah mengisi body email dengan cover letter atau surat pengantar lamaran pekerjaan. Poin-poin penting dari cover letter ini diantaranya : 
  • Alasan kamu melamar pekerjaan di perusahaan yang kamu pilih
  • Posisi yang kamu lamar dan inginkan
  • Kualifikasi dan keahlian kamu dibidang posisi yang kamu inginkan 
  • Hal apa saja yang bisa kamu tawarkan untuk perusahaan
  • Sertakan nomor kontak yang aktif dan mudah untuk dihubungi. 

7. Menggunakan Bahasa Formal

Gunakanlah bahasa formal dan sopan dalam membuat lamaran pekerjaan, jangan menggunakan kata kata gaul seperti loe gue karena hal itu bisa mengurangi penilaian sikap kamu. Hindari penggunaan kata aku dan kamu sebaiknya menggunakan kata saya atau bapak/ibu. 

Perhatikan pula tanda baca serta besar kecilnya huruf awalan. Nama sendiri, nama perusahaan, nama reqruiter harus ditulis menggunakan huruf besar di setiap awal katanya contoh (Retno, PT Adi Nugroho Sentosa, HRD Bpk Bambang Susilo) 

8. Perhatikan Waktu Pengiriman 

Cara melamar kerja lewat email selanjutnya adalah memperhatikan jam. Biasanya email yang masuk akan direspon saat jam kerja berlangsung antara jam 08.00 - 16.00 di hari kerja Senin - Jumat. 

Ada beberapa perusahaan yang buka di hari Sabtu namun jamnya berbeda tergantung dari kebijakannya biasanya buka jam 08.00 - 13.00. Hindari mengirimkan lamaran pekerjaan lewat email di luar jam kerja sebab email kamu bisa tertimbun dan tidak akan terbaca. 
 
Cara melamar kerja lewat email sebenarnya sangat mudah dilakukan dan jauh lebih praktis daripada harus datang langsung ke perusahaan. Peluang berkas kamu untuk dibaca juga jauh lebih besar sebab penerimanya langsung ke HRD atau pemilik usaha.

Referensi: Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar oleh Wong Cerdas

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama