Pejuang Skripsi Wajib Baca: Jangan Mau Jadi Mahasiswa PPKM

Salam pejuang skripsi!

Halo sobat pejuang apa kabarnya nih? Tahu nggak sih ternyata singkatan PPKM bukan hanya teruntuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Menurut versi mimin, PPKM juga bisa dipelesetkan menjadi Pernah Peduli Kemudian Menghilang. Lalu apa kaitannya nih dengan pejuang skripsi?


skripsi, ppkm, semangat
Sumber: Unsplah


Sobat pejuang tentu pernah melihat atau mendengar para dosen di kampusmu memanggil-manggil mahasiswa semester akhir, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menanyai perkembangan skripsinya. Sekilas terlihat asik ya, biasanya mahasiswa yang mengejar dosen pembimbing. Namun, ini justru sebaliknya dosen pembimbing yang mengejar mahasiswa. Eitsss, nggak gitu sob. Salah satu alasan dosen pembimbing memanggil mahasiswa yaitu sebagai reminder bahwa masa studimu sudah mau hampir habis namun kamu belum sampai ke babak akhir dan kamu menghilang begitu saja~


So, tanpa berlama-lama lagi….

Mimin mau memberikan  tips dan trik untuk kamu si pemula atau tengah memperjuangkan skripsinya. Cekidot!


1. Syukur dan Doa

Kalian tentu memiliki daftar-daftar dosen favorite selama mengemban pelajaran di kampus dan biasanya kalian berharap mereka bisa menjadi dosen pembimbingmu. Kalo harapan sesuai dengan kenyataan, say Alhamdulillah, pasti kalian senang sekali. Lalu ketika harapan bertolak belakang dengan kenyataan, akan ada rasa nano-nango gitu. Misalnya nih, dosen pembimbing kalian justru merupakan dosen yang kalian takuti. Alhasil semangat di awal per-skripsi-an menurun. Mimin kasih tips nih ya, adakalanya kita akan dipertemukan pada hal yang kita butuhkan. Bisa jadi kamu dipertemukan dengan dosen tersebut untuk meningkatkan kapasitas mentalmu. Oleh karena itu, yuk coba bersyukur say Allhamdullilah. Setelah bersyukur, gunakan senjata terdahsyat yang gratis yakni berdoa. Berdoa semoga proses skripsimu berjalan dengan lancar hehe.


2. First Impression

Setelah memiliki pondasi yang cukup teguh. Tiba waktunya kamu memperkenalkan diri kepada dosen pembimbing. Tahap ini penting banget loh, kalo kata orang-orang sih pertemuan pertama akan menjadi penentu pertemuan selanjutnya. Berikan kesan terbaik pada dosen bersangkutan. Hal ini bisa bermula dari bagaimana kamu menentukan waktu terbaik menghubungi dosen dan sopan santun dalam chat (versi online). Perlu diketahui, jam terbaik untuk menghubungi dosen adalah pada saat jam kerja, diluar dari situ, mimin sarankan jangan deh karena dosen juga punya kehidupan cielaaah (waktu istirahat, sama keluarga, dan sebagainya). Sopan santun dalam chat wajib banget nih diperhatikan. Mulailah mengetikkan salam, permohonan maaf menganggu waktunya, memperkenalkan diri, tujuan menghubungi, dan diakhiri dengan salam.

3. Timeline Per-skripsi-an

Babak selanjutnya adalah mengatur timeline per-skripsi-an. Buatlah target sesuai kemampuanmu. Memiliki rencana yang jelas akan sangat membantu. Buatlah visi beserta turunannya yaitu misi. Mimin kasih contoh ya; Visi menyelesaikan skripsi selama 8 bulan, Misi berupa 4 bulan sejak skripsi-an sudah harus seminar proposal dan 4 bulan berikutnya sudah harus ujian komprehensif. Lalu, misi-misi tersebut dibuat lebih spesifik lagi, semisalnya minggu 1 selesai revisi bab 1 dan 2, dan seterusnya.

4. Eksekusi

Para motivator mengatakan punya rencana saja tidak cukup, kamu harus mengeksekusinya. Yap, benar sekali. Setelah memiliki plan, mulailah mengerjakan rencana-rencana yang sudah kamu buat. Mulailah bimbingan dengan dosen bersangkutan.

5. Evaluasi

Evaluasi merupakan tahap untuk melihat dan memperbaiki apakah rencana, eksekusi, dan hasil yang didapatkan sudah sesuai. Berilah jeda beberapa hari untuk meng-cross-cek hasil kerjamu. Jika rencana dan hasil berbanding lurus maka berilah reward kepada diri, kamu bisa membeli buku atau hal menarik yang kamu suka untuk memacumu semakin semangat. Jika rencana dan hasil berbanding terbalik, berilah reward kepada diri, katakan kamu sudah hebat karena mampu bertahan di titik tertentu, lalu perbaiki rencana dan cara-cara eksekusi yang menurutmu butuh penyesuaian dan perbaikan.


Demikianlah sedikit tips dari mimin. Semangat terus ya kamu!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama