Kenapa Cokelat Bisa Bikin Bahagia?

 

4 Senyawa dalam Cokelat yang Bikin Kita Bahagia Saat Memakannya Halaman all  - Kompas.com

Sumber : Kompas health

Ketika suasana hati sedang buruk, cokelat dipercaya dapat membuatmu tersenyum kembali. Apa sih yang membuat cokelat bisa mengubah mood menjadi baik lagi?  

Cokelat menjadi salah satu opsi makanan untuk merayakan tradisi hari kasih sayang. Yak betul hari Valentine, rasanya tidak lengkap di hari kasih sayang tanpa memberikan sepotong cokelat ke doi atau sahabat, bahkan orang terdekat yang kita sayangi. Namun, kasih sayang kepada orang terkasih, tidak hanya di hari valentine yaaaa, tentunya sayangi dan kasihi mereka sepanjang hari.

Bukan hanya saat hari kasih sayang, namun cokelat juga dijadikan makanan pelarian untuk menghilangkan kesedihan, kebosanan dan kembali meningkatkan semangat. Kira-kira mengapa cokelat bisa memiliki peran sebanyak itu?

Secara kesehatan cokelat mengandung zat Feniletilamin (Phenylethylamine) yang berpotensi mempengaruhi otak, yang mampu bekerja mengubah mood secara instan tidak hanya melalui rasanya yang enak.  Pada otak manusia, zat Feniletilamin melepaskan endorfin, dopamin dan serotonin, yaitu suatu hormon yang memproduksi efek antidepresi serta menimbulkan rasa bahagia. 

Dengan penjelasan di atas, efek cokelat tampak begitu meyakinkan, bukan? Namun perhatikan juga, konsumsi cokelat secara wajar dan tidak berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan itu, tidak baik bukan? Yuk tetap jaga Kesehatan dan jangan lupa beri hadiah terbaik untuk orang terkasih.

Sumber:

Klikdokter


Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama