Istilah Phubbing Yang Perlu Kamu Ketahui!

Tidak bisa dipungkiri bahwasannya ponsel merupakan benda yang rasanya tidak asik jika tidak dimiliki oleh setiap orang. Terlebih lagi di era modern serba cepat dengan teknologi seperti sekarang. Apapun dapat diakses melalui telepon genggam, bisa berhubungan via telepon dengan orang seluruh penjuru dunia, hiburan, pemesanan transportasi dan masih banyak lagi. Namun, selain daripada itu terdapat efek negatif dari penggunaan ponsel ini salah satunya yaitu phubbing. Nah, sobat Baceday tahu tidak apa itu Phubbing? Jika belum tahu yuk simak ulasan berikut ini.

istilah phubbing

Apa itu phubbing?

Phubbing atau phone snubbing adalah kondisi dimana seseorang mengabaikan lawan bicaranya karena sibuk bermain dengan ponselnya. Istilah ini pertama kali muncul dan populer di Australia.
Sebuah penelitian yang berjudul How, “Phubbing” Becomes The Norm: The Antecedents and consequences Of Snubbing Via Smartphone,lebih dari 70 persen orang melakukan tindakan ini sebanyak 4 kali dalam sehari. Sementara itu, sekitar 32 persen orang melaporkan bahwa mereka menjadi korban phubbing paling tidak 2 hingga 3 kali sehari. 

Tanda seorang phubber (Pelaku Phone-Snubbing)

  • Ponsel tidak pernah jauh dari pelaku phone-snubbing. Baik saat makan, berkumpul bersama kerabat dan kegiatan lainnya.
  • Melakukan percakapan dua sekaligus baik di ponsel ataupun dengan orang yang sedang dekat dengan seorang phubber.
  • Selalu mengecek ponsel baik ada orang atau tidak, ada notifikasi ataupun tidak.

Dampak Buruk Phubbing Terhadap Kesehatan Mental

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Computers and Human Behavior, media sosial dapat meningkatkan kecemasan dan depresi, serta dapat memperparah kondisi tersebut.

Tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental, dampak lain yang mungkin timbul akibat Phubbing yaitu terjadinya kerenggangan hubungan dengan orang lain dan bahkan dijauhi oleh orang lain karena orang lain merasa diabaikan oleh pelaku phubbing. Sehingga, kebiasaan buruk ini mengakibatkan anda sulit diterima atau terlibat dalam suatu hubungan sosial. Karena ini menunjukkan sikap kurang empati dan tidak tertarik dengan obrolan lawan bicara.

Namun bagi sobat Baceday yang sudah terlanjur melakukan phubbing sobat bisa kok berhenti dari kebiasaan buruk tersebut dengan terus membaca ulasan di bawah ini. 

Cara berhenti melakukan phubbing

  1. Jangan mengeluarkan ponsel saat sedang bersama orang lain
    Jangan mengeluarkan ponsel saat sedang bersama orang lain, simpan ponsel di tas, kantong baru atau celana. Jika keadaan mendesak atau darurat jangan lupa meminta izin kepada teman bicara dulu untuk membuka ponsel. 
  2. Simpan ponsel di tempat yang tidak mudah atau butuh usaha untuk menjangkaunya.
    Simpanlah ponsel di tempat yang tidak mudah dijangkau untuk mengurangi terjadi phubbing. Ketika sedang mengobrol dengan orang lain usahakan letakkan ponsel di meja, laci, atau di ruang berbeda.
  3. Tantang diri untuk melawan keinginan memainkan ponsel saat bersama orang lain.
    Tantang diri untuk melawan keinginan memainkan ponsel saat bersama orang lain dengan memberikan reward yang anda sukai jika berhasil menyelesaikan tantangan tersebut. Hingga kebiasaan phubbing benar-benar hilang dalam kehidupan sehari-hari.

Cara membantu orang lain menghentikan phubbing

  1. Jadi Role Model yang artinya sobat Baceday harus mencontohkan terlebih dahulu sebelum menasehati seorang yang bermasalah dengan phubbing.
  2. Tegur Phubber. Jangan ragu untuk menegur sebagai tanda bahwa sobat peduli dengan Pelaku Phone-Snubbing.
  3. Bersikap simpatik. Phubbing bukan kecanduan melainkan masalah impuls yang artinya bisa diperbaiki namun membutuhkan waktu dan kesabaran.
Nah, itulah beberapa hal mengenai Phubbing untuk menambah pengetahuan sobat Baceday. Dan jika dari sobat Baceday sering melakukan phubbing kepada orang disekitar, mari hentikan kebiasaan phubbing untuk memiliki kesehatan mental yang baik dan hubungan yang terjalin secara harmonis dengan orang lain. Semoga Bermanfaat!!!

https://www.sehatq.com/artikel/phubbing-adalah

Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama