Manfaat Buah Pepaya Yang Harus Kamu Tahu


Buah-buahan identik dengan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, tanpa terkecuali yaitu buah pepaya. Buah pepaya dengan ciri memiliki banyak biji ternyata memiliki segudang manfaat. Siapa nih yang nggak suka buah buahan? Apalagi buah yang berwarna orange nan cerah ini. Yuk kenalan dulu dengan buah pepaya.


Manfaat buah pepaya


Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Pepaya banyak mengandung vitamin C dan likopen, zat yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. pepaya juga mengandung enzim tersebut antara lain papain, chymopapain, caricain dan glycyl endopeptidase. Enzim ini berada dalam kadar paling tinggi ketika buah pepaya matang. Enzim tersebut membantu mencerna protein yang masuk ke tubuh. 


Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah pepaya:


Menambah sistem imun

Buah pepaya kaya akan vitamin A, C dan E. Ingat, vitamin-vitamin tersebut diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem imun makin prima, maka risiko terserang penyakit infeksi semakin berkurang.


Menyehatkan kulit dan rambut

Pepaya juga memiliki manfaat bagi kulit. Buah ini bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat muda. Enzim papain yang terkandung di dalam pepaya bisa melembutkan dan merevitalisasi kulit. Sementara itu, vitamin A dan C yang ada di dalamnya bisa mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam. Nah untuk bisa awet muda dan nggak timbul kerutan, mulai sekarang konsumsi pepaya ya.


Mengurangi risiko kanker 

Studi menunjukkan, likopen dalam buah pepaya dapat mengurangi risiko kanker.  Kandungan antioksidan dalam buah pepaya dapat mengurangi radikal bebas yang berkontribusi pada pertumbuhan sel kanker.  Lebih spesifik lagi, di antara 14 buah dan sayuran yang memiliki sifat antioksidan, hanya pepaya yang menunjukkan aktivitas antikanker payudara.


Mencegah asma 

Rutin mengonsumsi asupan dengan nutrisi beta karoten dapat menurunkan risiko terkena asma. Beberapa asupan yang mengandung beta karoten di antaranya pepaya, aprikot, brokoli, blewah, labu , dan wortel. 

Namun, sebaiknya pepaya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Karena apapun yang berlebihan itu, tidak baik yak. Pepaya memang mengandung banyak serat, tapi bila dikonsumsi secara berlebihan hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Kulit pepaya juga mengandung lateks, yang bisa mengiritasi lambung bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama