Makna Mitos tentang Jodoh yang Paling Populer

Tahukah kamu mitos orang-orang terdahulu? Salah satunya tidak boleh duduk di depan pintu, nanti jauh jodoh. Kalau dipikir-pikir mitos ini nampak aneh, karena apa hubungannya duduk di depan pintu sehingga susah dapat jodoh?


Menunggu Jodoh
sumber foto : merdeka.com

Mitos ini mungkin sengaja dibuat agar orang tidak dengan sengaja duduk di depan pintu karena duduk di depan pintu bisa menghalangi jalan bagi orang yang ingin keluar- masuk rumah.


Soal Jodoh

Berbicara soal jodoh, sebenarnya jodoh itu sangat kompleks. Akan tetapi, ketika membahas jodoh maka hal yang paling identik adalah pasangan hidup. Agama Islam sendiri memiliki gambaran tentang jodoh. Sebagaimana firman Allah:


"dan dari segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan agar kalian mengingat kebesaran Allah." (QS Az-Zariyat ayat 49)


Isi kandungan surah ini memberikan hikmah kepada kita bahwa tidak perlu khawatir tidak memiliki jodoh, sebab Allah menjamin menciptakan segala sesuatu beserta pasangannya, termasuk jodoh bagi manusia. 


Eits... nggak cukup sampai disana. Terkait jodoh, selama diri belum menikah atau belum bertemu jodoh maka sebaiknya kita terus memperbaiki diri dan memanajemen hati.


Misalnya, terus meningkatkan amalan ibadah, ilmu tentang pernikahan, dan ilmu parenting. Bukankah sulit sob kalo jodoh sudah datang tapi kita belum siap? hihihi...


Alasan Bersiap Sebelum Bertemu Jodoh

Menikah adalah ibadah terpanjang diantara dua insan yang diikat melalui ikatan suci. Akan tetapi, tidak jarang orang memutuskan ikatan suci tersebut karena beberapa faktor, seperti faktor ekonomi, persilangan pendapat, perselingkuhan, dan sebagainya.

Belajar sebelum bertemu jodoh menjadi salah satu kunci suksesnya pernikahan. Contohnya, dalam hal ekonomi. Seseorang yang telah belajar konsep rezeki akan memahami bagaimana sebaiknya bersikap jika pasangannya sedang kesulitan ekonomi, sehingga tidak terlalu menuntut berlebihan hingga menghadirkan kasus perceraian.

Alasan berikutnya adalah keharusan diri untuk meningkatkan kualitas. Kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah jodoh itu cerminan diri. So, jika ingin mendapatkan jodoh yang berkualitas maka diri sendiri pun harus berkualitas.

Selain itu, meningkatkan kualitas bukan hanya bertujuan untuk memantaskan diri bertemu jodoh melainkan mencari bekal untuk pulang karena kita tidak pernah tahu kapan waktu berpulang dan dalam situasi yang bagaimana. 

Oleh karena itu, tetap jadi jomblo berkualitas ya sob. Tetaplah fokus dengan upgrade diri sebelum tiba waktunya hehe.

1 Komentar

  1. wkwkw bener banget mitos ini populer di masyarakat 🤣

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama