Kamu Termasuk Orang yang Nyebelin Nggak di Kampus atau Sekolah?

Kita termasuk orang yang menyebalkan nggak ya di kampus atau di sekolah? Yuk coba lihat karakteristiknya.

Ada 7 kebiasaan yang mencirikan orang yang menyebalkan di kampus atau sekolah dalam buku Henry Manampiring dengan judul 7 Kebiasaan Orang yang Nyebelin Banget (7 habits of Highly Annoying People).

Kebiasaan menyebalkan di kampus atau sekolah


1. Kalau Ada Tugas Kelompok, Tidak Ikutan Kerja (46,6% Responden)

Hampir 50% responden memilih kebiasaan ini sebagai kebiasaan yang paling menyebalkan di kampus atau sekolah. Sobat baceday sering nggak menemukan teman yang sering nebeng nama waktu kerja kelompok?. Pada era teknologi dan kemudahan mencari informasi masih saja ada orang yang menyebalkan dengan malas mencari tugas kelompok. Di bahasa inggris disebut dengan Freerider ( "tukang nebeng") di suatu kerja kelompok ada orang yang malas mengerjakan bagiannya, nggak niat, dan kualitas tugas yang buruk, sehingga menyebabkan anggota kelompok yang lain mengerjakan bagiannya agar mendapatkan nilai yang baik. Nah, buat para pelaku dan calon pelaku lebih baik intropeksi diri karna perilaku ini membawa reputasi buruk pada branding diri kita dan kita tidak maksimal dalam mendapatkan ilmu tentang tugas tersebut. Mimin percaya sobat baceday mah rajin semua hehe...


2. Sok kritis, Suka Berdebat dengan Dosen/Guru, Padahal Gak Ada Isinya (41,3%)

Nah, kita harus menyikapi sikap ini dengan objektif untuk mendefinisikan "Isi perdebatan yang nggak ada isinya". Critical thinking sangat diperlukan dalam dunia kampus atau sekolah. Berpikir kritis mencirikan bahwa kita memperhatikan pelajaran yang sedang diajarkan atau sederhannya kita berpikir. Mendebat dosen/guru untuk bertanya lebih lanjut merupakan hal yang positif. Akan tetapi, kebiasaan mendebat dan kritis yang positif ini bisa sangat menyebalkan jika mendebat tanpa isi, tidak konstruktif, tidak terarah, bertele-tele, melenceng dari topik utama, apalagi tidak sopan yang jatuhnya akan menyebabkan perdebatan kusir. Perhatikan niat kita, jika debat bukan mencari pemahaman yang baik tapi justru untuk mencari muka itu benar-benar perbuatan yang menyebalkan.


3. Carmuk (Cari Muka) ke Guru dan Dosen (38,5%)

Sebenarnya definisi carmuk sangat subjektif. Perbuatan tolong menolong, dan tulus membantu bisa saja dipandang carmuk. Mungkin yang bisa mendeteksi niatnya adalah diri kita sendiri. Jadi, kita tetap menjaga sopan santun dan menolong Guru/Dosen kita karena itu sudah menjadi kewajiban Murid/Mahasiswa yang baik tapi yang penting masih dalam hal wajar. 


 4. Bilangnya Nggak Belajar, Tetapi Nilai Ujiannya Bagus (38,2%)

Ada beberapa kemungkinan sih ini. Pertama, bisa aja temennya emang jenius. Kedua, temennya sudah belajar tapi belum merasa belajar (dia sudah belajar tapi standar belajarnya beda dari yang lain sehingga dia menggapap dirinya belum belajar), dan ketiga, dia emang bohong udah mati-matian belajar dan sudah merasa puas dengan bekal dia waktu ujian tapi bilang nggak belajar. Nah, yang mungkin menyebalkan adalah yang terakhir kenapa harus bohong. Kenapa nggak bilang belajar aja kan yaa, mungkin bisa jadi ini faktor budaya bahwa teman kita tadi "merendah" supaya tidak terlalu terlihat arogan dengan mengatakan bahwa dia sudah belajar dan pasti bisa atau justru dia malu nanti nilainya jelek padahal dia udah belajar. Namun, yang menjadi pertanyaan lagi, kenapa ya kita sering nanya ke temen kita sudah belajar belum? hahah insecure atau mau saingan?


5. Suka Bertanya pada Guru/Dosen padahal Sudah Mau Jam Selesai (35,8%)

Sebenarnya merupakan hak pelajar untuk bertanya pada dosen/guru. Mungkin kita bisa mengestimasi bila pertanyaan kita banyak dan menggangu jam pulang. Kita  bisa bertanya dengan dosen/guru di luar kelas misal dihampiri atau via email. Sehingga tidak menggagu teman kita yang memiliki kegiatan selanjutnya.


6. Fashion Berlebihan/Tidak Pantas di sekolah atau kampus (28,3%)

 Mungkin ini bagian ekspresi orang lain dalam berpakaian yang menjadi ciri khas atau kreativitas dia. Menyebalkan apabila sudah mengganggu norma dan nilai ketika berpakaian ke kampus atau sekolah yang tidak sesuai dengan tempat tersebut. 


7. Selesai Ujian Suka Ngebahas Jawaban dan Pamer Kalau Dia Benar (25,2%)

Membahas jawaban itu sah saja apalagi kalau tujuannya untuk belajar dan perbaiki masa depan. Menjadi menyebalkan apabila membahas ini berubah menjadi ajang pamer jawaban. Kita yang jawabanya terlanjur tahu bahwa salah, bisa kepikiran sampe besok apalagi mata kuliah yang utama di jurusan kita. 

Beberapa kebiasaan nyebelin lainnya adalah suka titip absen, tukang bully junior, tukang buat tugas tapi copas jawaban teman, dan lainnya. Jadi, gimana nih sobat Baceday termasuk nggak nih ke dalam salah satu ciri orang nyebelin di kampus atau sekolah hehe?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama