Influencer Paling Berpengaruh dalam Sejarah

Influencer Paling Berpengaruh dalam Sejarah

Siapa yang tak kenal dengan Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah suri tauladan terutama bagi umat yang beragama Islam. Nabi Muhammad SAW memiliki pengaruh besar dalam kehidupan manusia. Pernyataan ini diperjelas dalam suatu ayat dalam Alquran yaitu Surah Al-Ahzab ayat 21:


Sesungguhnya telah ada dalam diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut asma Allah.


Seorang penulis non-muslim bernama  Michael H Hart dalam bukunya berjudul The 100 A Ranking of The Most Influental Persons in History pun menuliskan Nabi Muhammad SAW sebagai tokoh nomor satu yang paling berpengaruh dalam sejarah. Wah kira-kira kenapa ya Nabi Muhammad SAW memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan ini?.


Nabi Muhammad, tokoh paling berpengaruh dalam sejarah

Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad Saw bernama lengkap Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutholib lahir pada tanggal 12 Rabbiul Awal 571 M di Mekkah. Perjalanan Nabi Muhammad SAW dari kecil hingga wafat, bahkan hingga saat ini memiliki catatan sejarah yang penuh makna. Ada banyak kisah yang akan membuatmu terkagum-kagum dengan beliau. Berikut beberapa kisah perjalanan Rasulullah beserta makna yang bisa kita ambil:

Kisah Nabi Muhammad dan Pengemis Yahudi

Ada seorang pengemis yahudi yang buta dan biasa menetap di pasar. Pengemis tersebut tidak hanya meminta uang pada orang-orang di pasar, ia juga menyuarakan kebenciannya kepada Rasulullah. 

"Muhammad itu gila, pembohong, dan tukang sihir. Apabila kalian mendekatinya, maka kalian akan dipengaruhinya," tuturnya dengan suara lantang.

Wah geng apa yang akan kamu lakukan jika ada orang yang menghinamu seperti itu? kesalkah? dan rasanya ingin membungkam mulutnya?. Eits, sabar-sabar.

Rasulullah yang mendengar ucapan pengemis tersebut memilih berlapang dada dan justru berbuat kebaikan. Setiap pagi, Rasulullah memberi makan pengemis tersebut secara rutin. Tidak hanya memberi loh guys, bahkan Rasulullah menyuapinya tanpa si pengemis tahu siapa yang telah berbuat baik.

Setelah Rasulullah wafat, Abu Bakar menggantikan posisi Rasulullah untuk memberi makan pengemis. Pengemis tersebut merasa heran karena ia merasa yang menyuapinya adalah orang berbeda. Abu Bakar memberikan penjelasan kepada pengemis bahwa orang yang menyuapinya telah meninggal, ialah Nabi Muhammad SAW. Sontak si pengemis menangis dan ia bersyahadat masuk Islam.

Cerita ini memberikan nasihat kepada kita bahwa jangan pernah berhenti untuk berbuat baik, ya meskipun bukanlah penghargaan yang kita terima atau bahkan justru hinaan yang kita dapatkan. Selain itu, cerita ini mengajarkan kepada kita bahwa hati manusia bisa berbolak-balik dan setiap orang berhak untuk berubah menjadi orang baik, terlepas ia memiliki masa lalu yang buruk.

Kisah Nabi Muhammad dalam dunia usaha

Lahir sebagai yatim dan memiliki masa kecil sebagai yatim piatu tidak membuat Rasulullah mengurung diri dalam keterpurukan. Sejak kecil Rasulullah ikut bersama kakek dan pamannya dalam perternakan dan perniagaan. Rasulullah juga pernah bekerja sebagai pedagang pada Siti Khadijah, yang kemudian hari menjadi istrinya. Pada bidang perniagaan, Rasulullah menganut prinsip kejujuran, beliau selalu melaporkan kepada pembeli terkait kondisi barang dagangannya baik dalam kondisi bagus atau buruk. Hal tersebut membuat para pembeli senang berbelanja padanya.

Kisah di atas memberikan nasihat kepada kita bahwa yang namanya kejujuran itu tidak ada ruginya. Sifat jujur ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya jujur dalam bekerja maka kita tidak akan menemukan yang namanya korupsi (yang mana kekayaan negara diambil untuk kepentingan pribadi).

Fyi, harta Rasullulah yang diteliti oleh Dr. Abdul Fattah As Saman sedikitnya 807 Miliar rupiah.  Penelitian ini belum meneliti seluruh hadis karena hanya sampai ribuan hadis saja yang diteliti. Selain itu, tidak semua harta Rasullulah yang bisa dikonversikan ke emas dan rupiah seperti halnya warisan. Jadi, Rasullulah itu sangat kaya dan sukses dalam dunia usaha.  Namun, Rasullulah memilih untuk bergaya hidup sederhana dan tawadu.

Kisah Nabi Muhammad dan Penduduk Thaif

Rasulullah di usianya sudah tua pernah melakukan perjalanan ke Kota Thaif untuk menyebarkan agama Islam. Namun, kedatangan Rasulullah tidak disambut baik oleh penduduk Thaif. Tanpa memperhatikan bagaimana perjuangan jauh dan melelahkan yang dirasakan Rasulullah menuju Thaif, penduduk Thaif justru menolak mentah-mentah, mereka justru menghina dan melemparinya dengan kerikil.

Melihat reaksi penduduk Thaif, Rasulullah diberikan pilihan oleh malaikat penjaga gunung untuk menimpakan gunung kepada penduduk Thaif. Ya... Mungkin jika kita yang berada pada posisi Rasulullah akan mengiyakan dengan cepat. Rasulullah justru mendoakan kebaikan yaitu agar suatu saat anak keturunan penduduk Thaif beribadah kepada Allah. Hasil dari doa ini, setelah 85 tahun doa itu dituturkan, hadirlah seorang pemuda bernama Muhammad bin Qasim Ast-Tsaqafi yang merupakan panglima muda yang memenangkan wilayah Sindh untuk menyebarluaskan agama Islam.

Weleh-weleh meleleh nggak sih melihat perbuatan Rasulullah...

Pada kisah ini kita belajar tentang kekuatan sebuah doa dan kesabaran yang tiada hentinya. So guys, jangan lupa untuk selalu melangitkan doa ya!.
***
Gimana nih sudah pada sedikit terbayangkan bagaimana Nabi Muhammad SAW menjadi suri tauladan terbaik dan tokoh paling berpengaruh dalam sejarah?. Sebenarnya, masih banyak lagi loh kisah yang bisa kita ambil pelajaran didalamnya. Yuk teruslah berusaha mengenal Rasulullah🤗.

Referensi:
Al-Quran
Hamas, Edgar. 2021. The Untold Islamic Story.





1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama