Manfaat Planner Untuk Hari Yang Semakin Produktif

Planner adalah salah satu life hacks yang patut diperhitungkan untuk membuat hari-hari semakin produktif dan memiliki segudang manfaat lainnya. Planner sendiri adalah buku/aplikasi untuk menuliskan apa saja yang harus Anda lakukan di hari itu, pengingat, hingga hal-hal penting yang harus ditulis pada hari itu.

manfaat planner
gambar: canva.com

Simak beberapa manfaat yang akan didapat ketika memiliki atau memilih planner sebagai life hacks.


Memetakan Prioritas

Manfaat planner pertama adalah agar kita dapat memetakan atau mengurutkan prioritas aktivitas yang akan kita lakukan di hari tersebut. Dengan adanya planner kita dapat menyusun urutan pekerjaan yang akan dilakukan sehingga bisa lebih produktif. 


Mengelola Waktu

Manfaat planner yang kedua adalah dapat membantu kita untuk mengelola waktu dengan lebih efektif. Pasalnya dengan planner susunan aktivitas dan urutan prioritas yang ada akan membuat kita terpacu untuk menyelesaikannya dalam waktu yang efektif agar bisa beralih ke aktivitas lainnya. 


Memfokuskan Tindakan

Manfaat planner berikutnya adalah dapat memfokuskan tindakan.

Keberhasilan hanya bisa dicapai bila kita memiliki fokus yang tepat. Planner akan membantu kita untuk memprioritaskan tindakan dan fokus Kita, sehingga kita bisa mencapai hal-hal penting dalam hidup dengan efektif.


Melacak Kemajuan

Dengan adanya jejak dari aktivitas yang kita telah lakukan membuat kita merasa lebih bersemangat untuk melakukan pencapaiaan lainnya.

Hal ini senada dengan berbagai pendapat dari para ahli salah satunya menurut riset dari Dr. Richard Wiseman, salah satu hal yang membantu pencapaian tujuan adalah melacak tindakan yang kita lakukan. Oleh karena itu, planner yang tepat akan membantu kita untuk melakukan hal tersebut.


Membuat Bahagia

Percaya nggak bahwa salah satu manfaat planner yang lain adalah dapat membuat pemiliknya bahagia ?

Hal ini dapat terjadi ketika kita melihat kembali aktivitas apa saja yang telah kita tuntaskan. Berhasil menuntaskan apa yang kita rencanakan akan memicu hormon endorfin. Hormon ini akan menciptakan rasa bahagia dalam diri Kita. Saat kita menuliskan rencana, melaksanakannya dan "menceklist"-nya dari planner setelah menuntaskannya, akan muncul rasa terpenuhi yang membahagiakan dalam diri.

Palnner Dapat Merekam Informasi

Planner bermanfaat untuk merekam berbagai tugas, janji, dan catatan. Tempat menyimpan segala sesuatu informasi sehingga kita dengan mudah memanggilnya saat kita membutuhkannya.

Mengurangi stress dan kecemasan

Stress muncul dalam berbagai bentuk. Salah satu yang paling sering muncul adalah dalam bentuk merasa kewalahan. Entah karena padatnya jadwal, terlalu banyaknya janji atau karena terlalu banyak “makanan” yang kita taruh di piring kita. Menumpahkan isi pikiran dalam kertas sangat membantu Anda dalam mengurangi stress, kecemasan dan kelelahan mental.

Itulah tadi berbagai manfaat planner yang dapat membuat hari-hari kita semakin produktif. Dengan hari yang produktif maka akan semakin banyak hal berharga dalam hidup ini yang kita temui.

Manfaat lain mungkin berbeda bagi setiap individu, Yok temuin manfaat lainnya dari menulis atau membuat planner dijamin deh hari-hari semakin produktif.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama