4 Aplikasi Desain Grafis Android Terbaik 2023, Gratis dan cocok untuk Pemula

Belakangan ini, kebutuhan Desain Grafis sudah menjadi sesuatu hal yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari, baik dari sektor ekonomi, bisnis, pendidikan, dan lainnya. Hal ini menjadikannya sebagai strategi komunikasi visual kepada audiensnya, baik sebagai pemasaran dan alat edukasi. Jika ingin bertahan hidup ditengah dunia yang penuh kompetitif atau pun sebagai personal branding, kebutuhan akan desain grafis tentunya menjadi sebuah tantangan tersendiri di berbagai sektor karena tidak menutup kemungkinan kemampuan tersebut jika dimaksimalkan dapat menjadi sumber utama atau pendukung agar aliran “cuan” semakin deras kedepannya nih.

 

Siapa saja tentunya dapat mempelajari kemampuan desain grafis ini, bahkan jika hanya bermodalkan smartphone Android kok. Terlebih, jika ditangan yang tepat, aplikasi-aplikasi berikut bisa menghasilkan hasil yang tidak kalah kualitasnya dari aplikasi desain grafis di PC atau laptop loh.

 

Berikut 4 Aplikasi Desain Grafis Android gratis dan cocok untuk pemula :

 


1. Adobe Express : Graphic Design



Merupakan aplikasi desain grafis buatan Adobe untuk android, Adobe Express memungkinkan kamu dengan cepat dan mudah membuat cerita media sosial, pamflet, logo, poster, selebaran, spanduk, kolase foto. Tersedia jutaan template grafik dan video yang indah, tentunya dengan cepat menjadikanmu pembuat konten berkualitas tinggi. Dirilis pada 19 Juni 2018 di Play Store dan telah diunduh sebanyak 10.000.000+, Adobe Express juga tersedia dalam bentuk online web dengan fitur yang lebih lengkap dan juga disertai dengan pembelian premium untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

 



2. Canva : Desain, Foto, dan Video



Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2017, Canva telah menjadi salah satu aplikasi yang banyak diunduh hingga mencapai angka 100.000.000+ unduhan. Aplikasi ini aktif dalam melakukan berbagai update atau pengembangan fitur aplikasi sebagai editor foto dan editor video dan membuatnya menjadi satu aplikasi desain grafis lengkap untuk memenuhi kebutuhanmu. Selain memiliki berbagai template gratis baik untuk FB, IG, TikTok, undangan dan lainnya, kamu juga dapat mengedit foto dengan beragam fitur seperti kecerahan, saturasi, kontras, rona dll. Terdapat pula fitur untuk merencanakan dan berkolaborasi terkait kontenmu dan juga adanya perpustakaan stok gratis hingga 2 juta+ aset. Hal ini menjadikan Canva sebagai aplikasi desain yang cocok digunakan baik untuk keperluan pribadi, pengusaha, siswa & guru atau pun kreator konten. Selain versi aplikasi android, Canva juga dapat digunakan melalui online web. Untuk merasakan pengalaman terbaik ketika mengedit, kamu dapat melakukan pembelian Canva Pro.

 



3. Picsart Al Photo Editor, Video



Jika berbicara tentang editor foto, Picsart merupakan aplikasi android yang handal dan sering kali dijadikan sebagai alternatif dari Adobe Photoshop versi PC/laptop. Hal ini dikarenakan fiturnya yang memadai jika ditangan pengguna yang tepat. Dalam aplikasi Picsart, kamu akan mendapatkan beragam koleksi filter yang sedang trend dan populer, alat membersihkan gambar atau menghilangkan objek yang tidak diinginkan. Selain itu tersedia pula jutaan gambar gratis pilihan, menambahkan teks, retouch foto selfie mu, kaburkan latar belakang dengan teknologi AI dan juga balik atau potong foto dengan cepat. Selain itu juga ada fitur editor video, kolase foto serta alat menggambar professional yang bisa disesuaikan. Picsart sendiri dirilis pada tahun 4 november 2011 dengan total unduhan sebanyak 1.000.000.000+ di Play Store. Seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, Picsart juga memiliki fitur berlangganan menjadi Picsart Gold untuk mendapatkan akses ekslusif.

 



4. PixelLab – Text on pictures



PixelLab merupakan aplikasi yang dapat  membuatmu mengedit foto dengan mudah . Dalam aplikasi ini kamu dapat menambahkan teks bergaya, teks 3D, bentuk, stiker, mengubah atau menghapus layar belakang dan mengubah perspekstif gambar. Berdasarkan pengalaman pribadi, hal yang membuatnya mudah adalah PixelLab memiliki antarmuka (user interface) yang sederhana, bersih dan dapat digunakan tanpa kuota sehingga membuatnya nyaman untuk digunakan, Aplikasi PixelLab dirilis pada 10 April 2015 di Play Store dan telah diunduh sebanyak 100,000,000+.

 

Berbagai nama dan jenis aplikasi berikut sejatinya adalah sebuah alat atau tools dalam rangka melakukan aktifitas mendesain atau membuat komunikasi visual kepada audiens. Seberapa baik hasil desain yang diberikan tentunya tidak lepas dari siapa yang menggunakannya sehingga memperbanyak jam terbang adalah kunci agar semakin lebih baik.

 

Mengutip perkataan Mas Rio Purba (@RioPurbaID), “ Sebagus-bagusnya desain, pasti ada yang nggak suka. Sejelek – jeleknya desain, pasti ada yang suka, Jadi jangan pernah takut berkarya “.

Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama