6 Fitur Terbaru Whatsapp per Oktober 2022, Salah Satunya Cocok Untuk Kamu Yang Ngga Enakan!

Aplikasi pesan instan atau biasa dikenal dengan Whatsapp semakin melakukan inovasi baru terhadap fitur yang ada didalamnya. Per Oktober 2022 terdapat fitur terbaru nih, dari yang bisa online tanpa ketahuan hingga bisa keluar grup diam-diam.


Whatsapp termasuk aplikasi yang populer dan paling banyak digunakan, baik diberbagai usia dan negara. Whatsapp menjadi salah satu aplikasi yang bertujuan mendekatkan dan mempermudah komunikasi antar sesama.

Fitur Whatsapp Terbaru

Pexels.com


Meski beberapa fitur terbaru Whatsapp tampak diadaptasi dari aplikasi pesan instan lainnya seperti Telegram, tentu Whatsapp tetap memiliki pembaruan fitur lainnya. Lantas, apa saja nih 6 fitur terbaru Whatsapp untuk para pengguna ?

1. Menonaktifkan Status Online

Ketika kamu akan membuka Whatsapp tanpa takut ketahuan, kamu bisa menyembunyikan status ini. Hal ini sangat berguna bagi kamu yang bingung harus menjawab pesan teman saat itu juga atau saat kamu ingin menjadi pribadi yang pada waktu tertentu tidak ingin diganggu, hehe. Cocok banget nih untuk kamu yang ngga enakan. Jika seseorang tahu kamu online namun chat dia ngga kamu balas, ini bisa menjadi salah satu penyebab beberapa orang menjadi kesal saat Whatsapp-an dengan kamu lho. Nah dengan adanya fitur ini sangat bisa membantu mu bukan ?

Caranya cukup mudah, pada bagian pengaturan privasi, klik bagian status terakhir dilihat dan online, kamu bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat status onlinemu.

2. Peserta Grup Bisa Keluar Secara Diam-Diam

Fitur ini sangat berguna ketika kamu ingin keluar dari grup yang toxic atau grup yang tidak bermanfaat bgimu. Dengan kamu keluar dari grup, seluruh peserta grup tidak akan ada yang menyadari hal tersebut, kecuali admin grup. Hanya admin didalam grup saja yang mengetahui statusmu yang keluar.

Caranya sama seperti kamu ingin keluar dari grup, yaitu klik nama grup dibagian atas layar, lalu scroll kebawah dan klik keluar dari grup. Tentunya, para peserta tidak akan tahu kamu keluar dari grup kecuali admin.

3. Admin Grup Dapat Menghapus Pesan Anggota Lainnya

Fitur ini bisa meminimalisir adanya pengiriman pesan yang “nyeleneh” atau menyimpang dari yang seharusnya. Misalnya, didalam grup kuliah ada pesan terkirim terkait kegiatan diluar mata kuliah, tentunya admin dapat berperan untuk menghapus pesan tersebut. Namun, peserta tetap dapat melihat nama admin yang menghapus pesan tersebut.

Caranya, pilih pesan yang ingin di hapus lalu klik ikon “tempat sampah”, selanjutnya akan muncul 3 pilihan yaitu hapus untuk semua orang, hapus untuk saya dan batal. Pilih “hapus untuk semua orang” dan pesan tersebut akan terhapus dengan memberi informasi nama admin yang menghapusnya.

4. Membagikan Tautan Panggilan Layaknya Google Meet

Fitur yang satu ini dapat mengundang peserta layaknya Zoom dan Google meet. Jenis panggilan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya, dengan adanya fitur ini lebih mempermudah dalam mengadakan pertemuan berbasis online dengan hanya sekali klik saja. Namun, fitur ini belum dilengkapi dengan sharescreen sehingga penggunaannya masih sebatas panggilan suara dan video.

Caranya dengan memilih opsi “buat tautan panggilan” pada menu panggilan. Selanjutnya menyesuaikan jenis panggilan yang diinginkan dan mengirimkan tautan tersebut ke grup atau teman.

5. Memberi Emoji Reaksi Pada Status Whatsapp

Fitur ini mirip dengan fitur Instagram yang dapat memberi reaksi tertentu pada story yang ada. Nah, sekarang Whatsapp juga menghadirkan fitur tersebut lho. Cocok banget buat kamu yang bingung untuk balas story teman sehingga cukup dengan memberikan emoji reaksi singkat saja. Caranya sangat mudah, sama seperti ketika kamu ingin membalas story Whatsapp seperti biasa. Cukup klik “balas” pada bagian bawah dan berbagai emoji reaksi akan muncul. Pilih emoji tersebut dan klik “kirim”.

6. Batal Hapus Pesan

Fitur ini dapat membatakan pesan yang sebelumnya akan kamu hapus. Namun, fitur ini hanya berlaku untuk menu “hapus untuk saya”. Sehingga fitur ini masih sangat terbatas penggunaanya. Caranya yaitu jika kamu menghapus pesan dengan menu “hapus untu saya” maka kamu cukup pilih ikon “urungkan”. Pesan yang sebelumnya dihapus akan batal terhapus dan kembali seperti pesan semula. Fitur ini tidak berlaku untuk menu “hapus untuk semua orang”.

Beberapa fitur tersebut dapat kamu nikmati dengan cara memperbaharui Whatsapp terlebih dahulu ya, fitur tersebut dapat digunakan oleh pengguna Whatsapp versi 2.22.21.83. Yuk segera diperbaharui.

Nah, itulah beberapa fitur terbaru Whatsapp per Oktober tahun 2022. Bagaimana nih menurut pendapatmu ? fitur mana nih yang paling kamu suka dan menjadi andalanmu? Kira-kira mau nambah fitur apalagi nih di bulan November nanti..




Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama