Makna Lagu Que Sera - Sera

Nama doris day kembali mengguncang tanah air. Lagu dengan judul que sera-sera yang dinyanyikan doris viral di banyak media sosial. Meskipun lagu tersebut terbilang sudah lampau yakni muncul pada tahun 1956 dalam film The Man Who Knew Too Much, makna lagunya tetap relate dengan kehidupan.


Lagu que sera - sera, anak, ibu

Makna Lagu Que Sera - sera

Bait 1

When I was just a little girl
I asked my mother, what will I be
Will I be pretty
Will I be rich

Bait pertama menggambarkan kebiasaan seorang anak kecil yang senang bertanya kepada orang tua mengenai masa depan. Hal ini sering kali terjadi, terlebih lagi mengenai impian umum seperti fisik dan juga finansial. 

Bait 2

Here's what she said to me
Que será, será
Whatever will be, will be
The future's not ours to see
Que será, será

Setelah mendapatkan pertanyaan dari anak. Ibunya memberikan jawaban. Bait kedua ini mengajarkan tentang kejujuran dan pelajaran berharga. Si ibu tidak mengatakan kata-kata manis atau mengiyakan pertanyaan si anak, melainkan menjawab dengan kalimat tegas bahwa apa yang terjadi, terjadilah. Kita tidak tahu yang terjadi di masa depan. Maksudnya masa depan tidak bisa dilihat sedini mungkin, tentu ada proses yang harus dijalani.

Bait 3

What will be, will be
When I grew up and fell in love
I asked my sweetheart, what lies ahead
Will we have rainbows

Bait ketiga mempresentasikan anak kecil yang dulu telah tumbuh dewasa dan sudah merasakan jatuh cinta. Lalu ia bertanya kepada pasangannya, apakah hidup akan selalu ada pelangi. Artinya, apakah kehidupan ini selalu diselimuti dengan kebahagiaan.

Bait 4

Day after day
Here's what my sweetheart said
Que será, será
Whatever will be, will be
The future's not ours to see

Ternyata si anak tetap mendapatkan jawaban yang sama seperti jawaban ibunya, yaitu apa yang terjadi, terjadilah. Kita tidak tahu yang terjadi di masa depan.

Bait 5

Que será, será
What will be, will be
Now I have children of my own
They ask their mother, what will I be
Will I be handsome
Will I be rich

Bait kelima lagu que sera-sera memiliki makna keberlanjutan hidup. Setelah dewasa, ia pun menikah dan memiliki seorang anak. Anaknya pun bertanya seperti pertanyaannya masa kecil tentang masa depan. 

Bait 6

I tell them tenderly
Que será, será
Whatever will be, will be
The future's not ours to see
Que será, será
What will be, will be
Que será, será


Bait terakhir memperlihatkan kesetujuan si anak yang sudah menjadi ibu akan jawaban ibunya dahulu bahwa apa yang terjadi, terjadilah. Kita tidak tahu yang terjadi di masa depan. Selain itu, bait keenam juga mengajarkan akan bahasa kasih seorang ibu kepada anaknya yang diperlihatkan melalui kelembutan.


Belajar dari Lagu Que Sera - sera

Secara umum lagu que sera - sera memberikan dua pelajaran berharga. Pertama, masa depan tidak bisa dilihat sedini mungkin karena masa depan adalah hasil dari tindakan-tindakan yang dilakukan saat ini. 

Kedua, tidak semua jawaban bisa dimengerti saat itu juga. Hal ini terlihat bahwa anak kecil pada bait 1 tidak puas dengan jawaban ibunya sehingga ia bertanya lagi hingga pada akhirnya ia baru memahami makna jawaban yang dahulu. Kasus ini kerap kali ditemui ketika kita belum memahami setiap makna kejadian yang diberikan Tuhan. Yakinlah setiap yang terjadi mengandung pesan tersirat untuk mengambil banyak hikmah.

1 Komentar

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

  1. Yang terjadi biarlah terjadi...
    Sesuatu yg hilang msh ada harapan bisa kembali, Kalaupun tidak, maka biarlah...
    Que serta sera

    BalasHapus

Posting Komentar

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama