3 Cara Ampuh Melawan Rasa Khawatir

Rasa khawatir sangat sering menghampiri kita dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama ketika kita hendak mengambil keputusan yang besar dengan mempertanyakan apakah keputusan yang telah dibuat merupakan keputusan terbaik ? apakah nanti ada dampak buruk yang terjadi ? dan lain sebagainya.


Rasa Khawatir

Rasa khawatir akan terus dirasakan hingga kita mendapatkan kepastian. Hal ini dapat membuat kita jadi berpikir lebih dan membuat skenario lain yang seharusnya tidak perlu ditakutkan. Maka, perlu bagi kita untuk melawan rasa khawatir tersebut.

Yuk simak 3 cara ampuh melawan rasa khawatir

1. Berpikir Positif

Cara ini termasuk paling mainstream dan paling umum dilakukan, tak jarang cukup ampuh bagi kebanyakan orang. Setidaknya, ini merupakan tahap awal yang bisa melawan kekhawatiranmu. Contohnya, ketika kamu melakukan interview kerja, dan kamu merasa khawatir atas hasil interview. Nah, kamu bisa berpikir positif  dengan hasilnya karena kamu telah melakukan interview dengan semaksimal mungkin.

2. Meminta Saran dari Orang Terdekat

Bagi sebagian orang meyakinkan diri sendiri sangat sulit, maka kamu perlu diyakinkan oleh orang lain seperti keluarga, sahabat atau teman terdekatmu dengan meminta saran dan masukan dari mereka. Tentunya saran yang diberikan akan meyakinkanmu agar lebih optimis dan meninggalkan kekhawatiranmu.

3. Membuat Skenario Terburuk

Jika sebelumnya kamu hanya merasa khawatir atas hasil atau dampak yang terjadi, maka cobalah berpikir jika benar hal yang dikhawatirkan itu terjadi maka bukan suatu masalah dan tidak apa-apa. Contohnya, ketika kamu khawatir tidak bisa lulus kuliah dengan IPK 3,8 sesuai yang kamu targetkan, nah kamu bisa berpikir bahwa apa pun yang terjadi targetmu akan terus diperjuangkan atau kamu bisa berpikir meski dengan IPK yang jauh lebih rendah dari targetmu tentu tidak ada masalah, pekerjaan bisa dicari dan sukses bukan bergantung pada IPK tinggi. Mungkin cara ini hanya ampuh pada sebagian orang, karena tentunya kamu tidak ingin hal yang membuatmu khawatir itu terjadi bukan ?


Nah itu dia 3 cara melawan rasa khawatir, jika ketiga cara tersebut belum mampu melawan rasa khawatirmu, maka cobalah berdamai dengan diri sendiri dan yakini dirimu bahwa apa yang kamu takutkan belum tentu terjadi.  


Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama