Tips Menjaga Konsistensi Diri Dari Berbagai Godaan dan Tantangan, Nomor 3 Paling Menentukan

Tak jarang sebagian dari kita kurang mengedepankan prinsip konsisten, konsistensi merupakan bentuk kebiasaan yang penting untuk dimiliki oleh seseorang. Semakin kamu konsisten maka semakin dekat pula kamu dalam meraih cita-cita / goals yang akan dituju.


Konsisten


Sebagaimana sabda Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

 “Dan ketahuilah bahwasanya amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah yang terus-menerus walaupun sedikit.” (HR. Muslim 2818)

Seperti halnya ketika kamu ingin membentuk kebiasaan baru, tidak mungkin perubahan ini dilakukan hanya dalam sekali percobaan. Semua butuh pengulangan secara terus-menerus bukan ? 

Atau ketika kamu mengerjakan tugas, tentu rasa jenuh dan tantangan dalam pembuatan tugas ini dapat mengalihkan kefokusan mu sehingga kamu beralih ke hal lain seperti scroll media sosial dan lainnya yang membuat tugasmu terbengkalai.

Jika hanya dalam sekali percobaan dan kedepannya kamu merasa jenuh dan tak ingin melakukannya lagi, maka konsistensi dirimu perlu dibenahi.

Dengan menanamkan prinsip konsistensi diri, kamu dapat terlatih dalam menghadapi tantangan tersebut.

Yuk ikuti 3 tips dalam membentuk konsistensi diri 

1. Lakukan secara bertahap

Lakukan sedikit demi sedikit yang penting konsisten. Contohnya, ketika kamu mulai membiasakan untuk sholat dhuha, mulailah dari 2 rakaat dahulu dan berusahalah terus meningkatkan jumlah rakaat untuk selanjutnya. Karena sering kali rasa bosan atau godaan menghampiri sehingga keistiqomahan akan terganggu dan kamu mulai berhenti untuk melakukannya.

2. Berusahalah untuk bertanggung-jawab

Ketika kamu sudah memilih untuk memulai rencana dan target baru atau mengikuti studi tambahan, berusahalah untuk bertanggung-jawab atas apa yang kamu pilih, hadapi tantangan yang ada dan selesaikan apa yang sudah kamu mulai. 

3. Memiliki alasan dan tekad untuk konsisten

Bukan soal bagaimana bisa konsisten, namun alasan apa yang membuat kamu bisa konsisten. Jika kamu memiliki alasan dan tekad yang jelas dalam meraih sesuatu maka wujud dari konsistensi diri akan terbentuk dengan sendirinya, seiring dengan besarnya tekad kamu dalam meraih goals tersebut.


Disiplin membuatmu terbiasa, terbiasa membuatmu konsisten, konsisten membuatmu tumbuh.

Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama