Menyelami Wisata Religi Alquran Akbar Palembang

Salah satu destinasi wisata yang dapat di kunjungi di Kota Palembang adalah Bayt Al Quran Al Akbar. Al-Quran Akbar merupakan tempat wisata religi, dimana ukiran kaligrafi ayat Al Quran dipahat di atas kepingan kayu tembesu dengan ornamen khas Sumatra Selatan.


Alquran Akbar Palembang

Asal-usul

Pembangunan Al Quran besar ini pertama kali di inisiasi oleh Ust. H. Kgs Syofwatillah Mohzaib. Dalam perjalanan pembuatan Al Quran, Ust. Syofwatillah atau yang akrab dengan sapaan Ust. Opat mendapatkan ide saat membuat ornamen kaligrafi di Masjid Agung Kota Palembang. 

Melalui mimpi yang diterima Ust. Opat, maka tulisan kaligrafi pertama yang di buat adalah surat Al Fatihah. Bayt Al Quran Al Akbar sendiri akhirnya diresmikan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2012 silam bersama dengan 51 anggota parlemen negara islam sedunia. 

Telah mendapatkan piagam penghargaan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dan dinyatakan sebagai Al Quran terbesar di seluruh dunia dengan kategori ukiran Al Quran di atas kayu (ukiran Khas Palembang). Serta mendapat penghargaan wisata religi terpopuler se-Indonesia. 

Fasilitas

Selain berwisata religi pengunjung juga dimanjakan dengan fasilitas lainnya yang disediakan seperti penyewaan baju adat khas palembang serta dapat berfoto pada pelaminan khas Palembang, selain itu ada juga fasilitas bioskop mini, butik pakaian khas Palembang seperti kain songket dan jumputan, serta toko khas oleh-oleh seperti penjualan kopi, madu, dan barang-barang lainnya yang dapat dibeli pengunjung di sekitaran pelataran Al Quran Al Akbar. 

Menurut Syarkoni sebagai pemandu wisata di Al Quran Al Akbar, bahwa pengunjung yang berdatangan untuk menikmati wisata religi ini tak hanya datang dari masyarakat kota Palembang saja, melainkan masyarakat dari luar wilayah kota Palembang, serta turis mancanegara. Juga tak hanya umat muslim saja yang ingin datang melainkan juga dari seluruh lintas agama karena Al Quran ini merupakan suatu karya seni.

"Jadi sebelum pandemi covid 19 melanda, tamu yang datang kesini sangat luar biasa dari Amerika, Eropa, Malaysia, Singapura, Arab, dari Australia, dari Jerman dari seluruh belahan dunia," ucap Syarkoni, Senin (28/06). 

"Malahan yang datang kesini lintas agama. Ada saudara kita yang beragama katolik, protestan, hindu, budha, konghucu, aliran kepercayaan, ada juga mereka yang tidak punya agama datang kesini karena ini adalah karya seni," tambahnya. 

Selain itu Syarkoni juga menjelaskan bahwa penguurs wisata Bayt Al Quran Al Akbar, bercita-cita untuk terus menambah berbagai fasilitas yang ada disana melalui pembangunan secara bertahap.  

"Rencananya bila ada rezeki, akan ada dibuat taman huruf hijaiyah juga akan dikembangkan lagi untuk bangunan gedungnya. Akan dibangun lagi gedung atau tower 10 atau 11 lantai untuk Al Quran dengan perincian 1 lantai 3 juz Al Quran, 10 lantai 30 juz dan lantai 11 dibuat untuk ruangan i'tikaf. Nah itu cita-cita yang ingin dilakukan, terkabul atau tidaknya wallahu a'lam akan tetapi setidaknya kita ada usaha untuk menuju kesana. Mohon doanya juga," tutupnya.

Saat ini, objek wisata religi Bayt Al Quran Al Akbar sendiri tetap menerima kunjungan dari wisatawan yang datang dengan memenuhi aturan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. 

Lokasi dan Harga Tiket

Kawasan wisata Bayt Al Quran Al Akbar berada di kawasan yayasan Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang, dibuka dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 dengan harga tiket masuk untuk dewasa seharga Rp20.000 rupiah dan anak-anak seharga Rp15.000 rupiah.

Penulis: North


Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama