3 Cara Mudah Temukan Ide Menarik Untuk Penulis Pemula


Hal tersulit ketika memulai untuk menulis adalah ide tulisan. Tidak tahu akan membuat tulisan apa ujung-ujungnya kehabisan ide, kehilangan kata-kata dan tidak mood untuk menulis.

Jika sudah begitu, biasanya kita lebih memilih memenangkan ego sendiri; menunda pekerjaan dan lanjut scroll media sosial, dimana aktivitas tersebut berulang kali dilakukan tanpa coretan tinta di kertas.


Agar terhindar dari hal yang menyeramkan seperti itu, berikut 3 cara mudah menemukan ide untuk penulis pemula.


Apa yang kita alami?

Ide menarik bisa datang dari apa yang sedang atau pernah kita alami. Mulai dari hal-hal sederhana, seperti aktivitas sehari-hari yang tanpa kita sadari terkadang memunculkan ide untuk menulis.


Contoh, tips bangun pagi untuk kamu yang sulit bangun pagi. Terkadang hal demikian bisa juga dijadikan ide untuk kamu seorang penulis pemula, gagasan yang muncul tanpa permisi harus segera dituangkan dalam sebuah tulisan menarik. Jadi, tidak ada lagi sulit menulis karena tak punya ide.


Apa yang kita ketahui?

Tak perlu susah payah mencari ide bagaimana agar tulisan terlihat menarik. Kita bisa mulai dari hal-hal yang diketahui. Ketika membaca buku, artikel ataupun tulisan yang menambah pengetahuan kita, bisa dijadikan referensi menulis bagi kita penulis pemula. Misalnya, ketika kamu sudah selesai membaca sebuah buku. Bisa kita tuangkan ide dari buku itu, untuk dijadikan resensi buku ataupun opini.


Apa yang sedang trend saat ini?

Ketika scroll media sosial, terkadang kita paham apa yang sedang trend saat ini. Seperti lagu yang menempati top chart ataupun trend fashion di kalangan milenial.


Ide kita bisa mengalir lebih lancar melalui trend yang saat ini sedang banyak dibicarakan. Asiknya kita bisa saling tukar pikiran dengan teman sejawat terkait informasi tersebut untuk dijadikan referensi tulisan.


Apapun tantangan ketika menulis, jangan menyerah ya. Tetap mencoba dengan 3 langkah mudah temukan ide menarik.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama