Kenapa sih Waktu Bisa Berlalu Begitu Cepat?

"Kenapa sih waktu bisa berlalu begitu cepat?” adalah sebuah pertanyaan yang sering terlintas saat kita tersadar hari sebentar lagi gelap, padahal masih ada yang harus dikerjakan di hari itu. Apalagi kita sekarang sudah berada di penghujung tahun, padahal kayaknya baru kemarin tahun baru dirayain oleh orang-orang di penjuru dunia.


waktu berjalan begitu cepat


Nah, ada beberapa pernyataan yang dapat menjelaskan fenomena yang sering kita alami ini.


1. Berubahnya jam biologis beriringan semakin beranjaknya usia.

Pada setiap tubuh manusia memiliki sebuah saraf yang mengatur jam biologis yang berperan mengendalikan detak jantung, aliran darah hingga sistem pernapasan. Saraf tersebut bernama saraf suprachiasmatic yang terletak di otak.


Nah pada saat masa kanak-kanak dulu, jam biologis dapat menghasilkan detak jantung dan tarikan napas yang lebih banyak dalam satu menit dibandingkan pada saat dewasa. Hal tersebut disebabkan banyaknya aktivitas fisik yang dilakukan pada saat masa kanak-kanak.


Keadaan ini menyebabkan jumlah tarikan napas pada saat dewasa memerlukan waktu lebih lama untuk menyamai jumlah tarikan napas pada saat kanak-kanak sehingga otak akan berpikir jika waktu yang diperlukan untuk mencapai jumlah tarikan nafas tersebut masih sama seperti pada saat masa kanak-kanak.


2. Kesibukan akan rutinitas yang berulang.

Semakin banyak jumlah dan intensitas perkerjaan seseorang, semakin tinggi juga tingkat konsentrasinya, sehingga tidak merasakan perubahan pada waktu di sekitar. Pada penelitian yang diterbitkan di Ammons Scientific, yang menanyakan seberapa cepat waktu terasa berlalu, dari sangat lambat hingga ke sangat cepat menghasilkan sebuah konklusi bahwa responden merasa waktu berlalu begitu cepat dikarenakan mereka memiliki banyak kegiatan yang harus dilakukan dan merasa waktu yang ada tidak cukup untuk mengerjakan semuanya.


3. Kejadian menarik yang disimpan oleh otak.

Otak kita sering kali menyimpan kejadian yang menurut kita berkesan menjadi kenangan atau ingatan meskipun kejadian itu sudah berlangsung lama, dan membuang kejadian buruk yang baru-baru ini terjadi. Ini menyebabkan ketika kita menyadari waktu sudah berlalu begitu lama, kenangan-kenangan menarik yang kita ingat akan datang secara sekilas, sehingga sering kali kata-kata seperti “Padahal baru kemarin deh” acapkali terlontar.


By the way, Islam juga memiliki pandangan tersendiri akan fenomena ini, berdasarkan Hadist Riwayat Tirmidzi Rasulullah SAW. pun sudah memberitakan akan ada di mana suatu masa waktu berlalu begitu cepat.


"Tidak akan terjadi kiamat, sehingga waktu terasa pendek, maka setahun dirasakan seperti sebulan. Sebulan dirasakan seperti sepekan, sepekan dirasakan seperti sehari dan sehari dirasakan seperti satu jam, dan satu jam dirasakan seperti satu kilatan api" (HR Tirmidzi).


Hadist ini menjadi pengingat kita untuk bisa memanajemen waktu secara jitu agar kegiatan yang kita lakukan tidak sia sia, dikarenakan setiap amalan pada waktu kita berada di alam dunia sangat berharga untuk kehidupan kita di kehidupan selanjutnya.


Akhirnya kita pun bisa sedikit tahu akan penyebab fenomena waktu yang berlalu begitu cepat. Semoga kita bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama