Apa itu Metaverse? Virtual Reality SAO Jadi Kenyataan!

Sword Art Online

Wow, Metaverse menjadi trending topic sejak beberapa pekan lalu. Keputusan Mark Zuckerberg untuk mengganti nama perusahaan facebook menjadi Meta, inilah yang menjadi pemicu boomingnya Metaverse. Banyak orang yang dibuat penasaran oleh metaverse, dan apa sebenarnya metaverse itu?


Metaverse

Meteverse merupakan ruang virtual yang diciptakan sebagai versi digital dari berbagai aspek yang ada di dunia nyata. Sepintas, Metaverse bisa dikatakan sebagai dunia kedua manusia selain bumi. Di dalam dunia ini setiap orang menggunakan avatar untuk dapat beraktivitas, berteman, mengunjungi tempat tertentu, seperti aktivitas di kehidupan nyata.

 

"Kami percaya metaverse akan menjadi penerus internet mobile, kita akan bisa merasa hadir, seakan kita berada di sana bersama orang-orang tak peduli seberapa jauh jarak sesungguhnya," kata Zuckerberg.

Metaverse juga sebenarnya bukan hal baru, metaverse pertama kali dikenalkan dalam novel Snow Crash karya Neal Stephenson di tahun 1992 dan novel Jepang berjudul Sword Art Online (SAO) dengan tema Virtual Reality (VR). SAO juga mendapatkan adaptasi anime, yang dapat membuat kita lebih paham terkait dunia metaverse ketika menonton anime-nya.


Sebagian orang juga menggunakan istilah metaverse untuk menggambarkan dunia game online. Penggunaan perangkat VR membuat pengguna bisa memiliki karakter layakanya dunia game yang bisa berjalan-jalan dan berinteraksi dengan pemain lain. Semua yang dilihat begitu nyata, dan pengguna benar-benar memasuki dunia game.

 

 

Akankah Virtual Reality Menjadi Kenyataan?

Mark Zukerberg sangat optimis bahwa di masa depan Metaverse akan jadi kenyataan. Seperti pada berabad-abad lalu banyak orang yang berpikir untuk meletakan dunia di tangannya – Gadget. Tentu hal itu bisa saja terjadi.

 

"Di masa depan ini, Anda akan bisa berteleportasi secara instan sebagai hologram untuk berada di kantor tanpa bepergian, di konser dengan teman, atau di ruang tamu orangtua Anda untuk bertemu," kata Zuckerberg.

Masa pandemi Covid-19 ini membuat metaverse terdengar sangat menarik. Di masa orang sulit untuk keluar rumah, metaverse hadir dengan menawarkan sebuah produk yang bisa membuat kita teleport dari rumah aja. Wow fantastis. Begitu cemerlang ide Zuckerberg! Atau jangan-jangan bukan Zuckerberg yang jenius, tapi pandemi covid yang sengaja diciptakan untuk dijadikan alat oleh elit global dalam menjual pasar dunia digital yang telah lama direncanakan, demi menghasilkan cuan gituu? *eh..





1 Komentar

  1. kita memasuki era serba virtual heee, kasian kang ojol kang becak dll karena jasanya dikemudian hari akan mengalami decreasing

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama