8 Hal yang sering dilupakan saat menggunakan Whatsapp


Apa aja sih hal-hal kecil yang menurut loe penting banget? Tapi kok orang lain menanggapinya sepele...Kalo kata orang Palembang "waya-waya" 😂


2021 sudah mau berakhir, siapa sih yang di HP-nya gak ada aplikasi yang namanya Whatsapp?


Dari kakak, adik, ayah, ibu, oma, opa, bahkan sampe ke cucu dan cicit, semua nya sudah pegang gadget dan terinstal aplikasi WA. 


whatsapp, wa


Semakin banyak pengguna WA ini, tentu sang pemilik WA terus melakukan pembaharuan fitur, agar peminatnya tidak beralih ke aplikasi lain.


Apa aja sih yang kalian belum tau fitur dari aplikasi hijau putih ini? Tentunya fungsi utamanya sebagai sarana komunikasi ya, baik dalam bentuk pesan teks, suara, gambar, video, bahkan dokumen penting pun bisa di akses melalui Whatsapp. 


Tapi sebagai anak yang "budiman" tentunya kita harus memperhatikan bagaimana komunikasi dengan baik dan benar kepada orang lain melalui Whatsapp?


Sini-sini mimin ingetin sob agar apa yang kamu sampaikan, dapat diterima dan benar menurut orang lain.


Tentu ada banyak nih hal-hal yang buat orang lain kesal saat di Whatsapp. 


1. Tidak ada nama di profilnya

Melalui profil ini tentunya pada bagian nama ini sangat diperlukan. Tujuannya agar orang lain mengetahuinya, kalau kita yang menghubunginya. Karena belum tentu orang yang kita hubungi itu menyimpan nomor hp kita. Hal ini bertujuan, agar pesan yang kita sampaikan dapat direspon dengan baik.


2. Centang Biru

Nah fitur ini cukup menyebalkan ya sob. Karena ketika di chat lalu centang biru, artinya pesan sudah di baca. Namun ketika centangnya tak kunjung biru, artinya tidak tahu apakah pesan itu sudah dibaca atau belum. Hal ini bisa menimbulkan prasangka karena kita jadi menerka-nerka apakah tersebut orang sudah membaca pesan dari saya atau belum. Kalo mimin sih, tim centang biru ya.


3. Online tapi tidak dibalas

Fitur online ini sering kali membuat orang lain kesal karena saat dibuka chat-nya muncul "online" namun saat di-chat doi tak kunjung membalas pesan dari kita. Upayakan kalau kamu lagi online, dibales ya chatnya. Karena kalau online tapi tidak dibalas rasanya itu  sakit tapi tak berdarah.


4. Tiba-tiba menelpon

Nah, kalau mimin tiba-tiba ditelepon orang yang tidak dikenal tentu takut ya karena tidak semua orang bisa kita telepon secara tiba-tiba. Hal ini perlu dihindari sob karena bisa menganggu orang lain. Jika kita memang ada keperluan penting dan mendesak untuk menelpon, ada baiknya kita mengirim pesan teks terlebih dahulu. Kita juga harus menjaga dan menghargai privasi orang lain ya sob.


5. Chat P

Siapa sih yang ngak kesel dengan orang yang tiba-tiba mengirim pesan kepada kita dengan huruf "P" ? Tentunya kesel ya. Sebagai anak yang budiman, kita tidak boleh melupakan sopan dan santun saat komunikasi. Baiknya kita mengucapkan salam atau memanggil namanya saat ingin menghubunginya melalui pesan di Whatsapp.


6. Chat yang bertele-tele

Nah untuk hal ini, harap agar diperhatikan ya sob karena ngak semua orang terbiasa dengan "basa basi" saat di hubungi. Jadi, sampaikanlah maksud dan tujuannya, agar komunikasi berjalan dengan baik.


7. Kesalahan teks

Pada saat mengirim pesan, baik itu dengan orang penting maupun teman dekat, upayakan untuk memperhatikan huruf, kosa kata, dan tanda baca ya sob. Gunakan kata yang baku sesuai PUEBI ya. Agar yang menerima pesan dapat memahaminya.


8. Menyembunyikan story dari doi  

Nah siapa disini yang sering menyembunyikan story yang galau dari doi? Tidak masalah kok kalau kamu mau menyembunyikan ceritamu dari orang lain. Ada baiknya sebelum kamu memposting cerita mu, berilah pemberitahuan kepada orang-orang yang tidak kamu sembunyikan story-nya agar tidak menyebarluaskan isi story-mu. Belakangan ini hal seperti itu sering terjadi, story-nya di-screenshot lalu dipublish kemana-mana alhasil orang yang kita sembunyikan mengetahui bahwa kita menyembunyikan story darinya hihiww.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama