DAYA TARIK WISATA ALAM BUKIT BESAK LAHAT

Bukit Besak berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan kemiringan berkisar 45 derajat. Bukit ini terletak di  Desa Lubuk Pedara, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Penamaan Bukit Besak sendiri berasal dari bahasa masyarakat Lahat yang berarti Bukit Besar. Sesuai namanya, bukit ini memang memiliki lahan yang begitu luas.



Jika kamu berasal dari kota Palembang maka kamu membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam untuk sampai di Lahat. Lalu waktu tempuh untuk sampai ke puncak kurang lebih 3 jam. Selama perjalanan kamu akan melihat berbagai pemandangan yang menawan. Track menuju puncak sendiri didominasi oleh track miring antara 45-60 derajat.  Meskipun tracknya lumayan menguras keringat, tetapi kita selalu dimanjakan dengan view bukit-bukit disekitar bukit besak. Namun sayang suhu di bukit besak di siang hari cukup panas akibat dari banyaknya pembukaan untuk tambang batubara.



Bukit besak menawarkan pemandangan yang unik, dimana saat kita berada di puncak akan ada pemandangan dari bukit serelo atau masyakat sekitar menyebutnya bukit jempol atau bukit tunjuk. Masyarakat sekitar memberikan nama tersebut karena bentuknya menyerupai jempol atau telunjuk tergantung darimana posisi kita melihatnya.



Jika beruntung di puncak bukit besak kita akan menikmati suasana negeri di atas awan tetapi dengan catatan, apabila malam hujan maka kita bisa melihat awan di sekitar bukit besar dan menyelimuti hutan dibawahnya.



Menarik bukan? Yuk lah kita mendaki hehe. Oh ya sebagai catatan, untuk teman-teman yang ingin melakukan aktivitas outdoor disini agar menjaga kelestarian alam dengan cara tidak merusak alam, menaati peraturan, serta menghormati kearifan lokal 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama