WIN-WIN SOLUTION

'Negosiasi menang-menang’ 

Langkah terpenting dan menentukan keberhasilan negosiasi ada di tahap Win-Win solution.

Roger Dawson dalam bukunya yang berjudul "Seni Negosiasi" membagi 4 aturan untuk bernegosiasi.

1. Jangan mempersempit negosiasi hanya dalam satu isu tertentu, misal hanya tertinggal isu harga untuk dinegosiasikan, maka memang harus ada orang yg menang dan kalah. Lakukan trade-off seperti layanan (pengiriman, pengepakan, jaminan) agar pihak lawan tidak keberatan menyelesaikan isu tersebut.

2. Orang tidak selalu berusaha mendapatkan hal yang sama. Anggapan apa yg penting bagi kita juga penting bagi orang lain itu tidaklah benar. Jangan menganggap isu harga adalah yang terpenting. Banyak elemen lain yang penting bagi lawan, misalnya kualitas produk dan jasa.

3. Jangan terlalu tamak. Jangan berusaha mendapatkan dollar terakhir dari meja perundingan. Tinggalkan sesuatu di meja perundingan sehingga pihak lawan juga merasa menang.

4. Berikanlah sesuatu kepada pihak lawan setelah negosiasi berakhir. Lakukan sesuatu lebih dari pada yang anda janjikan, sepert layanan hingga perhatian ekstra yg anda berikan, yang sebenarnya tidak harus mereka negosiasikan. Hal tersebut dirasa lebih berarti daripada semua hal yg benar-benar harus mereka negosiasikan.

Penulis: Masagus Gunawan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama