Percepat Penanganan Pandemi, Tim Gugus Tugas Rilis Aplikasi Bersama Lawan Covid-19


Logo Aplikasi

Merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia membuat tim gugus tugas terus berjuang memberikan langkah konkrit kepada masyarat untuk menangani masalah tersebut. Terbaru, tim gugus tugas telah meluncurkan aplikasi “Bersama Lawan Covid-19 (BLC)”, sebuah aplikasi yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi berkenanaan dengan Covid-19 di Indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan berbagai data terkait penanganan covid-19.

Usut punya usut, aplikasi BLC ini  merupakan salah satu bentuk kontribusi kaum milenial Indonesia dalam membantu penanganan Covid-19. “Ini merupakan bentuk gerakan pemuda kita (Indonesia) dalam memberikan transparansi data hingga adaptasi kebijakan nasional terkait Covid-19” Ujar Kevin Daniel pantasdo, BLC Apps Developer dalam konferensi pers BNPB beberapa waktu lalu.

Aplikasi BLC juga memberikan informasi dan edukasi dini kepada para penggunanya. Sehingga masyarat dapat melihat tingkat kerawanan virus Corona di tiap wilayah Kecamatan, memberikan rekomendasi Rumash Sakit (RS) rujukan, hingga layanan diagnosa mandiri. Layanan ini sendiri disinyalir menggunakan algoritma tim pakar medis yang didukung dengan teknologi machine learning.

Berdasarkan penelusuran tim Baceday, aplikasi BLC telah diunduh oleh lebih dari 10ribu pengguna di Playstore. Aplikasi ini memuat berbagai fitur-fitur yang memberikan update terkini terkait kasus covid 19 di Indonesia, mulai dari kasus positif, pasien sembuh, hingga pasien meninggal.

Banyaknya kabar hoax tentang Covid-19, membuat tim gugus tugas turut memasukkan fitur “Hoax Buster” yang memberikan informasi kepada para pengguna terkait dengan berita bohong yang beredar. Fitur ini sangat menarik karena dapat meminimalisit beredarnya berita hoax di masyarakat.

“Keunggulan BLC ini yaitu, data yang tersedia sudah terintegrasi langsung dari gugus tugas. Dan menyediakan fitur-fitur yang bukan hanya untuk masyarakat tapi juga untuk petugas petugas di lapangan.” Tambah Kevin.

Fitur Aplikasi BLC

Keakuratan dan integrasi data tentang Covid-19 ini menjadi sangat penting dan merupakan hal mendasar dalam penanganan Covid-19. Mengingat, berbagai kebijakan dan langkah strategis penangan harus dipertimbangkan dengan data yang sesuai. 

“Jika kita ingin melahirkan kebijakan yang tepat pengambilan startegi, penanganan covid 19 yang cepat kita butuh data yang akurat, data yang tepat dan mampu terintegrasi bukan hanya pada satu sektor tapi semua sektor” Ungkap Dewi Nur Aisyah.

Dengan tingginya penggunaan smartphone di Indonesia, aplikasi ini diharapkan mampu memberikan edukasi dan memudahkan akses kepada para pengguna untuk mengetahui perkembangan masalah Covid-19 di Indonesia. 

Penulis : Ainun Putri

6 Komentar

  1. Semoga corona segera pergi ya dari bumi kita ini. Keren nih infonya.

    BalasHapus
  2. Semoga corona cepat-cepat pegiii

    BalasHapus
  3. Smgatt baceday anti hoax hoax club 🔥

    BalasHapus
  4. Semoga cepet pergi si Covid.. susah bat hidup kalo gini :(.

    Salam kenal :D.

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama