Skor TOEFL 500 harus benar berapa? Berikut Tipsnya

Sumber : Webster English
Sumber Foto : Webster English

Untuk mendapatkan skor 500 pada tes TOEFL kamu harus menjawab dengan benar minimal 27 soal listening, 25 soal structure, dan 35 soal reading.

Tes TOEFL terbagi ke tiga bagian



Strategi Masing-Masing Bagian

1. Bagian Listening:

Kamu harus fokus pada 27 soal pertama dari  nomor 1 hingga nomor 27, usahakan kamu menjawab benar pada 27 soal ini, kerjakanlah soal yang menurutmu paling mudah terdahulu.


2. Bagian Structure:

Dalam waktu 25 menit, kamu harus fokus mengerjakan 25 soal dari 40 soal yang tersedia. Untuk itu kamu harus kuasai dengan benar. 1 soal maksimal kurang dari 1 menit. Gunakan sisa waktu untuk mengerjakan soal tersisa.


3. Bagian Reading:

Reading memiliki durasi waktu terlama yaitu 55 menit untuk 50 soal. kamu hanya perlu fokus menjawab 35 soal dengan benar. Carilah soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu seperti sinonim, antonim, atau soal dengan pertanyaan refers to. Sisa waktu gunakan untuk menjawab soal selanjutnya.


Terakhir, jawab semua soal meskipun kamu tidak bisa. Tidak ada pengurangan skor untuk jawaban salah. Jika kamu beruntung jawaban “kira-kira” kamu bisa jadi benar dan menambah skor TOEFL prediksi kamu.


Tips Mendapatkan Skor TOEFL 500

1. Memperbanyak Kosakata (Vocabulary)

Menambah pengetahuan kosakata (vocabulary) dalam bahasa Inggris akan banyak membantu kamu mendapatkan skor TOEFL yang tinggi.  Dengan menambah kosakata akan mempermudah dalam proses pengerjaan soal. Oleh karena TOEFL merupakan tes akademik dan pembahasanya juga soal tentang akademik, maka perbanyaklah kosakata akademik dalam bahasa inggris.


2. Mengetahui Kelemahan

Mengetahui dan memahami kelemahan diri sendiri merupakan langkah bijak. Banyak orang yang tidak mengenal dirinya, hasilnya mereka terpaku dengan soal-soal yang tidak mereka kuasai, sehingga waktu habis dan soal tidak terisi. Dengan mengetahui kelemahan juga dapat membantu kamu membagi porsi belajar, dan persiapanmu akan jauh lebih matang.


3. Membuat Catatan

Pada saat mengerjakan TOEFL biasanya akan disediakan kertas untuk mencatat. Gunakanlah kertas itu untuk mencatat soal-soal yang sulit ditangkap. Misalnya, pada sesi listening/speaking, kamu bisa mencatat hal-hal penting yang kamu dengarkan dalam klip audio, seperti gagasan utama, konsep dan istilah kunci, serta orang yang mengatakannya.


Diolah dari berbagi sumber

Iqbal R.


Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama