10+ Rekomendasi Situs Jurnal Ilmiah Indonesia dan Internasional Gratis

Website jurnal ilmiah

Jurnal ilmiah adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari dunia pendidikan dan penelitian. Mahasiswa, dosen, peneliti, guru, atau bahkan siswa  sudah pasti sangat akrab dengan kegiatan membaca dan mencari jurnal ilmiah untuk berbagai kepentingan. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui situs jurnal ilmiah indonesia dan internasional apa saja yang dapat diakses secara gratis.

Apa Itu Jurnal Ilmiah ?

Pengertian jurnal ilmiah adalah suatu publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh suatu institusi akademik atau pun organisasi tertentu secara berkala. 

Jurnal ilmiah adalah sarana untuk mempublikasikan berbagai hasil penelitian atau temuan-temuan baru dalam bidang tertentu, dimana hal itu merupakan wadah bagi seorang peneliti dan ilmuwan untuk pengembangan budaya akademik. Jurnal ilmiah atau karya ilmiah tersebut dapat dijadikan sumber dan rujukan untuk mengembangkan penelitian terbaru, contohnya dalam menyusun skripsi, tesis, tugas akhir dan lain sebagainya.

Situs Jurnal Ilmiah Indonesia dan Internasional 

Berikut adalah rekomendasi situs atau website untuk mencari jurnal ilmiah Indonesia dan internasional.

Situs Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Situs untuk mencari jurnal ilmiah yang dapat Sobat akses yang pertama adalah milik perpustakaan nasional Indonesia (E-resources.perpusnas.go.id). Situs jurnal ilmiah ini dapat diakses melalui website resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI)

Cara untuk mengunduh jurnal pada situs perpustakaan nasional ini cukup mudah, namun langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu.

Garuda

Situs rekomendasi untuk mengakses dan mencari jurnal ilmiah selanjutnya adalah https://garuda.kemdikbud.go.id/. GARUDA sendiri merupakan akronim dari Garba Rujukan Digital. Situs ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang merupakan portal untuk menemukan berbagai referensi ilmiah Indonesia yang merupakan titik akses terhadap karya ilmiah yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti Indonesia. Garuda mencakup antara lain e-journal domestik, conference, dan laporan penelitian.  Situs ini dikembangkan menggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi atas prakarsa para pengelola jejaring informasi berbagai perguruan tinggi sebagai penyedia konten, juga sekaligus pengguna. Tujuan dari situs ini adalah memberikan akses yang lebih luas untuk masyarkat Indonesia khususnya akademisi dan peneliti Indonesia untuk mempublikasikan karya ilmiah sekaligus menjadi sumber referensi ilmiah.

Google Scholar

Situs  yang bisa dijadikan tempat untuk menelusuri jurnal ilmiah yang kedua adalah salah satu produk dari google yaitu Google Schoolar atau Google Cendekia. Untuk dapat mengaksesnya cukup masuk ke https://scholar.google.com/ lalu langsung masukan kata kunci jurnal atau artikel ilmiah yang ingin kamu cari. Dalam hitungan detik google scholar akan menyediakan sederet opsi yang relevan dengan kata kunci yang dimasukkan.

ScienceDirect

Situs jurnal ilmiah selanjutnya adalah sciencedirect.com . Anda dapat mengakses website ini karena bersifat terbuka, siapa saja dapat mengakses jurnal dan artikel ilmiah yang telah dipublikasikan. Ada berbagai jenis jurnal, mulai dari jurnal ilmiah, jurnal teknik, dan jurnal kedokteran. 

Doaj.org

Doaj atau Directory of Open Access Journal merupakan sebuah situs yang menyediakan berbagai jurnal internasional. Situs ini menyediakan akses ke jurnal yang berkualitas tinggi dan bersifat open access sehingga dapat diakses oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Semua jurnal yang disediakan disimpan pada directory website mereka dan dapat diakses secara gratis.

Indonesian Scientific Journal Database

Rekomendasi situs jurnal ilmiah selanjutnya adalah jurnal milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yaitu Indonesian Scientific Journal Database (ISJD). ISJD menawarkan lebih dari 15 ribu jurnal dan sekitar 400 artikel, seluruhnya diterbitkan oleh beberapa perguruan tinggi dan lembaga penelitian.








Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama