Apa sih yang dikejar oleh si Ambis?

    Ambisius menurut Oxford Dictionary, memiliki arti yaitu bertekad untuk menjadi sukses, kaya, berkuasa, dll. Sifat Ambisius dapat membantu kita untuk melihat secara keseluruhan jalan untuk mencapai target yang telah ditentukan. Tapi apa sih yang dikejar oleh si ambis?

 



    Orang yang ambisius memiliki antusiasme berlebih sehingga mendorong mereka untuk meningkatkan produktivitas yang pada akhirnya akan memberikan timbal balik berupa kesuksesan. Si ambis memiliki keinginan besar untuk mendapatkan semua target yang ia cita - citakan. Apabila sifat ambisius tidak dikendalikan sewajarnya maka tentu akan berdampak buruk bagi orang tersebut.

 

Manfaat Memiliki Sifat Ambisius

    Sifat ambisius dapat membantu seseorang termotivasi dalam mencapai target yang dicapai, ibaratkan bahan bakar penyemangat. Pada dasarnya manusia pasti akan mengalami fase lelah dalam mengejar targetnya, entah itu disebabkan kegagalan dan hambatan yang datang bertubi - tubi ataupun lamanya waktu target itu tercapai.


Buruknya Sifat Ambisius

    Bak pisau bermata dua, sifat ambisius juga ada buruknya jika tidak dikendalikan, beberapa efek negatif dari sifat ambisius adalah sebagai berikut,

  1. Sifat ambisius terkadang dibarengi dengan sikap egois, serakah dan suka menjatuhkan orang lain, pada intinya menghalalkan segala cara untuk mencapai targetnya.
  2. Terkadang si ambis akan menjadi terlalu perfeksionis sehingga jika ada kesalahan, ia bisa menyalahkan orang lain atas apa yang terjadi.
  3. Serta dapat mengorbankan kehidupan pribadi jauh lebih dari batas wajar, seperti menjadi cuek dan dingin ke keluarga dan orang terdekat.

    Dampak terburuk dari sifat ambisius yaitu depresi dan stress yang bisa menyerang apabila ada hal yang tidak berjalan sesuai keinginan.

 

 Ambisius Dalam Hal Positif

    Nah, agar sifat ambisius kita tidak melewati batas dan bisa berdampak baik, kita harus memiliki pola pikir yaitu tidak segala hal yang kita inginkan dan targetkan dapat tercapai sehingga ketika kita mendapatkan kegagalan dan hambatan kita bisa berpikir rasional dan sesuai norma untuk menanggulangi hal tersebut.

    Adapun caa menunjukkan sifat ambisius dengan lebih positif yaitu sebagai berikut,

  1. Memberikan inisiatif yang relevan dalam setiap pekerjaan.
  2. Bekerja keras dengan kompeten dan cara yang baik.
  3. Siap sedia dalam membantu orang baik dalam hal pekerjaan atau di lingkungan.
  4. Serta cekatan dalam melihat dan memanfaatkan peluang tanpa menjatuhkan orang lain.

 

 Akhir Kata

    Menjadi ambisius itu penting tapi jangan sampai sifat ambisiusmu menjadi bumerang dan merugikan dirimu dan orang lain. Jadilah pribadi yang bijak dan dewasa dalam mengetahui sifat dunia ini yaitu "tidak semua hal yang kita inginkan akan tercapai".

Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama