Makna lagu Soleram : cinta dan persahabatan


Kaya akan budaya, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan memiliki beraneka macam adat istiadat, kebiasaaan dan ciri khas tersendiri di berbagai wilayahnya. Indahnya, kebudayaan-kebudayaan ini lahir dengan nilai nilai serta nasihat luhur. Dalam bentuk penyampaiannya, dilakukan dengan berbagai macam bentuk, seperti tarian daerah, rumah adat, dan tak terkecuali sastra atau lagu.

 

Salah satunya lagu daerah yang berasal dari provinsi riau yang berjudul Soleram karya Muhammad Arief. Lirik yang cukup pendek dengan intonasi mendayu dayu, membuatnya memiliki rasa kenyamanan tersendiri. Hal ini sering menjadikannya lagu pengantar tidur anak-anak. Pesan-pesan yang disampaikan secara mendalam mengajarkan kita cinta, persahabatan, menghindari perpecahan yang ditutup dengan pesan melestarikan budaya yang tentunya sebagai indentitas bangsa Indonesia sendiri.

 

Mimin sendiri, sering menggunakan lagu ini jika disuruh maju kedepan saat SD hihi.

 

Lagu Soleram, beberapa waktu ini juga turut dibawakan kembali dalam karya Wonderland Indonesia oleh Alffy Rev dan Novia Bachmid pada 17 agustus 2021 dengan views 43.409.172x dalam channel youtubenya. Dalam ajang internasional sendiri, paduan suara asal Indonesia pada Festival Musik Internasional Cantonigros ke-32 tahun 2014, The Archipelago Singers berhasil menjuarai urutan pertama juga loh, dalam kategori paduan suara campuran dengan membawakan lagu diantaranya Soleram, yang dimana festival tersebut diikuti oleh 16 negara yang bersaing dalam seni budaya dan pariwisata. Tentunya makin bangga dengan kebudayaan Indonesia dong.

 

Berikut lirik lagu soleram :

Soleram

Soleram

Soleram

Anak yang manis

 

Anak manis janganlah dicium sayang

Kalau dicium merah lah pipinya

 

Satu dua

Tiga dan empat

Lima enam

Tujuh delapan

Kalau tuan dapat kawan baru sayang

Kawan lama ditinggalkan jangan

 

Yuk kita lestarikan kembali budaya kita,

karena kita Indonesia, Negeri dengan beragam budaya

Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama