Tips Jitu Melakukan Presentasi Skripsi yang Baik dan Efektif

Sebagai seorang akademisi ataupun karyawan sudah tidak asing lagi dengan kata “Presentasi”. Ya, presentasi merupakan suatu kegiatan berbicara kepada hadirin dan menjelaskan sebuah materi yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Bagi mahasiswa presentasi sudah menjadi makanan sehari-hari, bahkan ketika ingin lulus pun mahasiswa harus melalui tahapan presentasi skripsi.

Kita pastinya ingin melakukan presentasi yang baik dan efektif bukan?. Nah, presentasi yang baik dan efektif tentu harus melewati tahap latihan terlebih dahulu. Ada sebuah kata motivasi yang sering orang katakan, “Berlatihlah seperti kamu sedang tampil, dan tampilah seperti kamu sedang berlatih.” Menurut mimin, arti kalimat ini sangat dalam dan bisa meningkatkan percaya diri. Tapi, apakah cukup dengan berlatih maka presentasi kita akan baik?. Jawabannya tidak, masih banyak faktor lainnya. Oke tanpa basa-basi mimin akan langsung bahas tips jitu presentasi skripsi yang baik dan efektif, cekidot!

1.    Susunlah Slide Materi dengan Baik

 
Setelah membaca materi secara keseluruhan dan mencoba memahaminya sebaik mungkin. Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah persipakan slide materi sebaik mungkin. Slide yang baik ialah slide yang jelas dan tepat sasaran.

Jelas berarti font yang digunakan itu bisa dilihat dan dibaca dengan baik. Hal yang mempengaruhi bisa size, warna, ataupun background. Tepat sasaran yakni materi yang telah disusun sesuai dengan kebutuhan format skripsi dan isinya sudah mencangkup hal-hal penting yang perlu disampaikan.

Biar makin paham bagaimana slide skripsi yang baik, nih mimin bagi link video youtubenya  Klik Disini


2.    Kenali Audiensmu

 
Pada saat presentasi skripsi, kamu perlu tahu bahwa yang akan menjadi audiens adalah dosen pembimbing dan dosen penguji. Kenali kepribadian dosen bersangkutan, bagaimana karakternya, bagaimana pertanyaan yang biasa Ia lontarkan maka kamu menjadi lebih percaya diri dan lebih tenang ketika presentasi. Hal ini sangat penting juga untuk mempersiapkan mentalmu, jika seandainya kamu mendapatakan dosen penguji yang memiliki intonasi nada tinggi maka kamu sudah tidak terkejut lagi karena sudah lebih dahulu mengenalnya.

Lalu pertanyaan yang biasanya sering muncul, “Bagaimana cara kita mengenal dosen penguji min?”. Itu urusan yang sangat mudah hihihi. Kamu bisa bertanya sama kakak tingkat atau siapa pun yang pernah berinteraksi dengan dosen tersebut, bisa karyawan TU atau bisa juga admin jurusan. Lakukanlah ini dengan baik karena ini adalah modal berharga yang kamu miliki.

3.    Perhatikan Komunikasi Nonverbal

 
Ketika waktu presentasi tiba, seluruh isi ruangan adalah panggungmu. Maka, kamu hanya perlu santai dan rileks karena tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Komunikasi nonverbal bisa membuatmu semakin rileks, dengan menggunakan benda sekitar seperti pena ataupun hanya menggerakan kedua tangan untuk menunjuk slide akan membuatmu menjadi semakin rileks.

Saat presentasi memanglah harus rileks namun fokus tetap harus dijaga. Postur tubuh tetap harus tegap, eye contact dengan audiens perlu dijaga. Semisal kamu belum mampu menatap mata karena terlalu gugup, kamu bisa menatap dahi audiens. Menjaga eye contact dengan audiens bisa menarik perhatian audiens tertuju pada kita dan presentasi kita pun mampu berjalan dengan efektif.

Oh iya jangan terlalu sering melihat slide presentasi ya karena hal tersebut akan membuat audiens tidak nyaman dan dapat menimbulkan stigma negatif “Anak ini semalam tidak mempelajari materinya terlebih dahulu.” Atau “Kalau cuma baca slide saya juga bisa!”. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi kan, dan solusinya kamu harus memahami betul materinya. Tetap hargai audiensmu dan jangan lupa senyum.

4.    Berikan Jawaban dengan Penuh Keyakinan

 
Ketika sesi tanya jawab berlangsung, kamu harus memberikan jawaban penuh keyakinan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara jadilah pendengar yang aktif, mendengarkan setiap komentar dan pertanyaan yang dilontarkan audiens. Lalu, saat menjawab ambillah jeda sebentar untuk menarik napas dan mencari tanggapan terbaik, terus berikan jawaban yang menurutmu paling tepat dengan jelas dan meyakinkan.

5.    Tips Paling Jitu

 
Kebetulan mimin adalah seorang muslim, disini mimin akan memberikan 3 tips jitu yang paling ampuh dan telah teruji hehe. Jika, kamu muslim juga wajib ikuti tips ini. Pertama, perbanyak membaca Al-Quran memperbanyak membaca Al-Quran efeknya akan semakin lancar berbicara. Kedua, lakukan sholat sunah duha agar setiap usaha kita diberikan kelancaran dan diberi kemudahan. Ketiga, lakukan sholat sunah tahajud, menjalankan sholat malam akan membuat kata-kata yang kamu lontarkan mengena ke hati audiens.

Nah, lebih kurang ada 5 tips jitu dari mimin. Pada intinya lakukanlah yang terbaik bagaimanapun caranya  dan jangan lupa dengan Sang Pencipta. Apa lah daya diri ini kalau bukan karena limpahan rahmat dan rida-Nya. Tetap semangat yahh gaesss semoga cepat lulus kuliah, dapat pekerjaan atau melanjutkan studi kuliah dan terakhir menikah hihihi.

2 Komentar

  1. Satu lagi yang mungkin agak penting dilakukan sebelum presentasi "jangan lupa sarapan di pagi hari sebelum presentasi" biar gak kelaparan, karena kelaparan dapat menyebabkanmu gemetaran ketika presentasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu lagi, minta doa restu orang tua😬

      Hapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama