Resume Buku Api Sejarah (part 1) Karya Ahmad Mansur Suryanegara

Ahmad Mansur Suryanegara adalah salah satu sejarawan dan penulis asal Indonesia yang berperan dalam islamisasi penulisan sejarah.

Pada artikel ini akan disajikan resume buku karya Ahmad Mansursuryanegara yang berjudul Api Sejarah. Buku Api Sejarah sendiri terdiri dari dua buku yaitu Api Sejarah 1 dan Api Sejarah 2.
Berikut adalah Resume Buku Sejarah , namun karena banyaknya informasi yang tidak mungkin untuk dimuat pada satu halaman maka khususnya pada artikel ini yang akan dibahas adalah bagian pendahuluan.

api sejarah ahmad mansursuryanegara



Resume Buku Karya Ahmad Mansur Suryanegara Api Sejarah 1

Wali songo yang bernama Sunan Goenoeng Djati/Syarif Hidayatullah adalah sang pemberi nama kota Jayakarta. Diangkat dari sebuah surat dalam Qur’an 48:1 “Inna Fatahna laka Fatham Mubina” adalah kemenangan yg agung/besar karena berhasil mengusir penjajah portugis pada 22 juni 1527M atau 2 Ramadhan 993H. nama itu kemudian berganti dari Jayakarta menjadi Jakarta.

Panjang Indonesia

Timur ke barat : Greenwich (London) - Baghdad(irak) 
Perjuangan kemerdekaan Indoensia tak lepas dari hasil perjuangan Para ulama lewat masjid dan pesantrennya. mungkinkah kalau bukan karena jasa para ulama proklamasi dibacakan dengan bahasa Indonesia, bukan dengan bahasa penjajah yaitu belanda….? (semua itu karena peran dari Ulama) Bangsa tidak hanya memiliki bahasa dan bendera tp juga tentara (yg dipelopori oleh santri) 5 Oktober 1945 \.

Jayakarta artinya lambang syukur atas kemenangan dalam melawan kerajaan katolik portugis di pelabuhan sunda kelapa.
Selatan ke Utara : Jerman – Aljazair 

Lahirnya partai Masyumi (7 November 1945) : parpol paling besar dan paling cepat lahirnya juga memberikan maklumat “60 miliun muslimin Indonesia siap berjihad fi sabilillah” semangat santri dan Ulama 

RIS : 27 Des 1949 – 17 Agustus 1950 (Republik Indoensia Serikat) RIS dirubah menjadi NKRI oleh ulama dan santri di Indonesia.

REINTERPRETASI DEISLAMISASI SEJARAH INDOENSIA

Wal tandhur nafsun ma qaddamat lighad

Perhatikanlah sejarahmu untuk hari esok

(Q.S 59:18)
Masuknya islam di Indonesia semestinya pada abad ke-7M tp dituliskan pada abad 
ke-13M. PNI (Perserikatan Nasional indoensia) : tahun 1927, sebelas tahun setelah didirakan 
Syarikat Islam Indonesia. 

Hari kebangkitan nasional yang diambil dari taanggal jadi boedi oetomo 20 mei 
1908, padahal sampai pada 19288 budi utomo masih tetap menolak pelaksanaan citacita persatuan Indonesia. Sampai akhirnya budi utomo dibubarkan sendiri oleh pendirinya karena tidak sesuai lagi dengan keadaan zaman. 

Hari pendidikan nasional yang diambil dari hari lahir ki hajar dewantara pendiri seloso kliwon. Padahal K.H Achmad Dahlan jauh lebih dulu pada tahun 1912 dan lebih  luas dampaknya di Indonesia.
taman siswa pada 2 mei 1922, yang kerap katanya merupakan perkumpulan kebatinan.

PEMBUKA PERDANA

Penyebaran Wirausawan Arabia

Bahkan saat pertama tahun hijriah, perdagangan arab dan srilangka (termasuk Indonesia sudah dilakukan). Bahkan Thomas W. Arnold (dlm “The legacy Of Islam” Oxford University, 1965) mengatakan sebelum Rasulullah lahir, perdagangan ini telah dilakukan antara Cina-Arab.

Peta bumi karya Al-Biruni 973
- Samudera india itu adalah samudera Persia (diubah sejak barat berkuasa)
- Nol meridian diubah menjadi Greenwich London 

Setelah ini, semua mata angin ditentukan oleh posisi Greenwich Misalnya “makkah” yang merupakah wilayah barat dari Indonesia, disebut Timur tengah (karena mengacu pada titik Greenwich). Kemudian Asia tenggara yang merupakan arah angin tenggara dari Greenwich.

Arah kiblat yang seharusnya menghadap ke barat dari wilayah Indonesia, menjadi sebutan “TIMUR” karena berpatokan pada sisi timur dari greenwhich peta dunia. Masarakat dunia pun ikut mengatakan bahwa arab itu adalah wilayah Timur.

Pengusaan Pasar

Masuknya belanda pun lewat jalur dagang, Verenidge Oost Indische Company (VOC). Mereka berusaha mematikan penguasaan pasar umat islam baik di laut maupun darat. Menghilangkan kemauan ummat menjadi wirausahawan dan hanya menjadi pegawai penjajah. Tak hanya itu mereka juga menjajah sejarah agar umat ini tak kenal akan kisah pedahulunya. Kisah orang katolik eropa yg tidak lagi mau ke pasar karena tuhan lebih menyukai orang yang di gereja , alhasil pasar menjadi kosong dan diisi oleh orang Yahudi.

 “Allah lebih menyukai orang yang dimasjid disbanding dipasar” Membawa umat muslim meninggalkan pasaarnya
Penemuan Mata Uang Islam 

Perniagaan islam yang mendunia pada abad ke 7-11 M, telah dibuktikan dengan tersebarnya mata uang islam di Eropa, Inggris, rusia, finlandia, swedia, dan norwegia. 

Peranan wirausahawan nusantara dengan rempah-rempahnya tidak dituliskan dalam sejarah karena sangat dirahasiakan agar tidak ada yang tahu darimana rempah itu berasal selain pedagang barat. 
Barat : kerajaan” di bagian Eropa Barat baru benar” mengetahui bahwa india bukanlah penghasil rempah” yang sebenarnya pada abad ke 16, dan akhirnya mereka melakukan penguasaan wilayah menuju nusantara Indonesia dengan menguasai malaka pada abad ke 1511, kemudian mendekati kesultanan tidore, ternate, dan kesultanan ambon. (hasil karena mereka tidak tahu wilayah india yang sebenarnya).

Abad ke 17, india dikuasai perancing yang kemudian dikuasai oleh Inggris setelah menyeberangi samudera Persia/samudera Persia.

India depan : india jajahan inggris
India belakang : laos, kamboja, Vietnam, Thailand
Protestan belanda : india belanda/Indonesia.

Mata uang perak VOC 1747 M, “Derham min kompeni welandawi” = “Dirham dari kompeni belanda” Peranan pasar arab sebagai penopang pasar di Yunani dan Romawi yang hanya berbatasan dengan mesir dan Arabia. Dan ada andil besar Indonesia dalam pemenuhan komoditi rempah dunia. 

Dampak Penyebaran Islam Dari Maritim dan Pasar

Kekuatan penyebaran islam terletak pada (1) Penguasaan Pasar, (2) kemasjidan dan pendidikan, (3) Kekuasaan politik atau Kesultaan (4) Penguasaan maritime dengan niaga lautnya, (5) Kesadaran hukum islam.

Sejarah hebatnya perdagangan internasional oleh Indonesia tidak pernah dituliskan sejarah.
Musuh islam adalah penjajah barat. Yang ketika berhadapan secara senjata akan berhadapan dengan kerajaan imperialis barat sperti Portugis, Spanyol, Belanda, Perancis dan inggris berarti seharusnya itu sudah masuk sejarah internasional. 

Kunjungan duta besar banten ke inggris pada tahun 1682

Tgl 11 –Des-2003 : kantor berita reuters memberitahukan bahwa ada penemuan koin misterius yang berasal dari banten, jawa Indonesia. Koin itu ditemukan tertanam dalam lumpur dipinggir sungai thames, London. Koin itu memiliki 90 keping dalam satu rentng dengan tulisan arab melayu “Pangeran Ratou ing Bantam”. Ini adalah penemuan pertama koin dari jawa di London kata ahli koin dari The British Museum.

Itulah tadi Resume karya Amad Mansursuryanegara yang berjudul Api Sejarah 1, kelanjutan artikel ini dapat kalian temukan pada tag "Resume Api Sejarah 1" atau dapat klik pada link tersebut.


Kontribusi tulisan oleh Rahmat Juniansyah

Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama