7 Aplikasi untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Sudah tidak diragukan lagi bahwa arus modernisasi memiliki effect terhadap sendi-sendi kehidupan. Transformasi kehidupan dari sistem tradisional menjadi sistem modern dapat dipandang sebagai suatu hal yang positif pun negatif, bergantung pada cara memanfaatkannya. 


Aplikasi untuk meningkatkan kualitas diri

Contohnya, dulu orang berbondong-bondong membeli buku untuk menulis. Adanya modernisasi, orang bisa menghemat uang dengan cara menggunakan aplikasi note. Selain itu, masih banyak lagi aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas diri, yaitu sebagai berikut:


1. Notion

Aplikasi pertama yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas diri adalah notion. Kamu bisa mendowload notion melalui playstore atau menggunakannya secara manual melalui chrome/media internet lain.

Notion

Aplikasi notion menyediakan banyak space untuk mengatur kehidupan, mulai dari jadwal penting, catatan, tugas-tugas yang harus dikerjakan, list buku bacaan, arus kas, dan lainnya. Aplikasi ini sangat rekomendasi untuk kamu yang suka lupa dan ingin mengatur hidupmu dengan terstruktur.

2. YouTube 

YouTube merupakan salah satu aplikasi jendela dunia. Kamu bisa menggunakan YouTube untuk meningkatkan skill tanpa perlu memakan biaya yang sangat mahal. YouTube menyajikan berbagai macam tutorial, olahraga, berita, bahkan bisa digunakan sebagai media belajar. Contohnya, kamu bisa mengunjungi channel TED, CNN, English Speeches, dan Mira Institute.


YouTube


3. Spotify

Kamu tentu tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Yap, spotify sering kali dikenal sebagai aplikasi untuk mendengarkan musik sebagai hiburan. Namun, tahukah kamu bahwa spotify juga bisa untuk meningkatkan kualitas diri lho. Kamu bisa mendengarkan podcast yang berisi pengetahuan, misalnya Yaqeen Podcast dan Ngaji Budaya.

Spotify


4. Catatan Keuangan

Banyak masalah bisa muncul karena faktor ekonomi. Nah, aplikasi catatan keuangan sangat cocok buat kamu yang mau mengatur keuangan dengan baik. Kamu bisa menuliskan berapa pendapatan dan berapa pengeluaran sehingga kamu bisa menentukan apakah dalam periode tertentu, kamu mengalami defisit atau surplus. Aplikasi ini dapat kamu download di playstore dengan gratis!.





5. Gramedia

Teruntuk kamu pencinta buku, aplikasi satu ini akan membantumu menyelami beragam tulisan. Kamu bisa menikmati karya-karya lama pun karya baru dengan cara berlangganan. Media baca online ini dapat menghemat pengeluaran dari membeli buku, namun kembali lagi pada titik nyamannya kamu. Selain gramedia digital, kamu bisa juga men-download perpustakaan online yang gratis dari playstore.




6. Strava

Aplikasi keenam yang bisa meningkatkan kualitas diri yaitu Strava. Aplikasi ini dapat kamu gunakan sebagai acuan sudah sejauh mana kamu berlari/berjogging dalam hitungan waktu sehingga setiap kamu berolahraga dapat terukur dengan baik, apakah olahragamu meningkat atau justru menurun.



7. Kalkulator Kalori

Selain olahraga, tentunya asupan gizi juga perlu diperhatikan. Aplikasi kalkulator kalori akan membantu kamu meningkatkan kualitas diri. Kamu bisa mengukur berapa kebutuhan kalori dan berapa kalori yang telah dikonsumsi. Kamu bisa download aplikasinya melalui playstore.



Demikianlah 7 aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas diri. Selamat mencoba dan mari menjadi manusia yang selalu ingin bertumbuh!

Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama