Burnout Menjadi Masalah Besar Sebagian Individu, Kok Bisa ?

Sejatinya, rasa bosan dan lelah beraktivitas sangat normal terjadi. Namun, jika produktivitas diri mulai menurun, timbul kecemasan berlebihan, terlalu emosional atau bahkan bersikap apatis. Apakah hal tersebut akan tetap kita hiraukan dengan dalih mungkin hanya lelah?


Hati-hati loh! bisa jadi kita sedang mengalami gejala burnout.  


Dampak Burnout pada Manusia

Kenali apa itu Burnout ?

Burnout merupakah kondisi dimana tubuh merasa lelah berkepanjangan yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari yang monoton dengan beban tugas menumpuk hingga berdampak pada kesehatan baik fisik, mental maupun emosional.


Burnout terjadi secara bertahap hingga kian tak terkendali sampai membuat kita kehilangan kontrol terhadap diri sendiri dan terus menerus terdistraksi oleh hal-hal yang tidak sejalan dengan ekspetasi.


Yuk kenali apa saja dampak jika kita mengalami burnout :


Dampak Buruk Burnout

1.   Sering Merasa Lelah

Merasa serba lelah, malas melakukan apapun dan merasa kehabisan energi hingga menyebabkan nafsu makan menurun dan siklus tidur terganggu, tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan seperti sakit kepala dan gangguan pencernaan. 


2.   Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Semakin ditunda, beban pekerjaan semakin menumpuk hingga kita dipaksa untuk multitasking yang justru dapat menurunkan performa diri. Dampaknya kita akan sulit berkonsentrasi, merasa frustasi dan merasa apa yang dilakukan adalah sia-sia. Dampak ini bida diminimalisir dengan cara memanajemen waktu dan menentukan prioritas.


3.   Menutup Diri dari Lingkungan Sosial

Kita hanya akan memperburuk keadaan dan menutup kemungkinan adanya dukungan dari orang sekitar. Dampaknya, kita jauh lebih emosional dan berpikir bahwa peran orang lain tidaklah berguna. Sebaiknya kita bisa curhat kepada teman yang dapat dipercaya untuk bertukar pikiran.


4.   Lebih Emosional

Dampak yang satu ini sangat jelas terlihat, jika ada hal disekitar yang tidak sesuai dengan ekspetasi, meskipun itu hal kecil akan sangat mengganggu dan berdampak pada sikap kita yang menjadi mudah marah. 


Nah, itulah beberapa dampak buruk burnout. Jika kamu merasa mulai memasuki gejala burnout jangan terus dibiarkan ya, segera atasi hal tersebut agar tidak berdampak buruk pada produktivitas dan kesehatanmu.


Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama